Iklan Beranda

Redaksi JTV
Kamis, 26 Januari 2023, 16:37 WIB
Last Updated 2023-01-26T09:38:38Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Sembunyi di Dalam Lemari, Damkar Tuban Tangkap Biawak Sepanjang 1 Meter

 
Petugas Damkar Tuban menangkap biawak sepanjang 1 meter yang bersembunyi didalam almari kayu di rumah warga Mondokan, Kecamatan/Kabupaten Tuban.
TUBAN – Seekor biawak menerobos masuk rumah milik Agung Wicaksono, Warga Perumahan Mondokan Santoso, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban. Reptil sepanjang satu meter tersebut bersembunyi dalam lemari kayu.

Menurut Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban Gunadi, keberadaan biawak tersebut diketahui oleh pemilik rumah karena menerobos masuk dan bersembunyi di dalam lemari. Karena takut dan khawatir biawak tersebut menggigit anak dan anggota keluarganya. Kejadian ini kemudian dilaporkan kepada damkar setempat. 

“Kita dapat laporan dari warga ada biawak sepanjang 1 meter masuk rumah, sehingga tim langsung kami terjunkan ke lokasi,” terang Gunadi kepada JTV, kamis (26/01/2023).

Petugas Damkar Tuban yang tiba di lokasi, langsung menangkap biawak sepanjang satu meter tersebut. Biawak yang terdesak, berhasil ditangkap petugas damkar menggunakan alat penjepit dan langsung dievakuasi ke kantor Damkar setempat.

“Biawak itu masuk ke rumah tapi gak tahu asalnya dari mana. Mungkin dari persawahan sekitar,” imbuh Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban.

Lebih lanjut gunadi mengungkapkan, fenomena biawak masuk rumah warga ini bukan kali pertama selama Januari 2023. Diduga biawak yang berasal dari areal persawahan sekitar tersebut masuk pemukiman warga untuk mencari mangsa.

“Ini fenomena baru, karena biasanya warga melapor kalau ada ular, tawon atau melepas cincin. Kali ini berbeda, warga justru melapor ada biawak masuk rumah,” ungkapnya.

Biawak yang tertangkap sementara dikarantina dalam sangkar milik Damkar Kabupaten Tuban. Biawak rencananya akan dilepas liarkan kembali ke habitatnya. (dzi/rok)