Iklan Beranda

Redaksi JTV
Minggu, 22 Januari 2023, 04:06 WIB
Last Updated 2023-01-21T21:06:19Z
Edukasi | BudayaTubanViewerViral

Tahun Baru Imlek, Umat Tri Dharma Tuban Gelar Sembahyang dan Doa Bersama

Tahun Baru Imlek, Umat Tri Dharma menggelar ritual sembahyang dan doa bersama di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Sabtu (21/01/2023) malam.
TUBAN - Pergantian Tahun Baru Imlek 2574 kongzili, diperingati umat tri dharma di seluruh dunia, termasuk di tempat ibadah tri dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban. Pada sabtu (21/01/2023) malam, puluhan umat tri dharma menggelar prosesi ritual sembahyang dan doa bersama di klenteng terbesar di asia tenggara tersebut.

Pantauan JTV di lokasi, peringatan tahun baru imlek kali ini digelar secara sederhana. Sedikitnya 40 jamaah umat tri dharma setempat memperingatinya dengan melakukan ritual suci sembahyang dan doa bersama.

Sembahyang dibagi dalam tiga tahap. Pertama, menghadap kepada Tian atau Tuhan Yang Maha Esa dengan tujuan agar mendapatkan berkah dan keselamatan. Kedua, ditujukan kepada Kong Co Kwan Sing Tee Koen atau dewa bagi umat tri dharma di klenteng setempat. 

Dan yang ketiga, ritual sembahyang di altar tri nabi yang ditujukan kepada tiga dewa. Masing-masing dewa umat Budha, umat Tao, dan umat Konghucu.

Menurut ketua pelaksana sembahyang imlek Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, hari raya imlek ke 2574 kongzili tahun ini dibawah naungan kelinci air. Yang mana, umat tri dharma percaya akan membawa kemakmuran, khususnya dalam usaha di bidang pertanian dan perdagangan. 

“Setelah meninggalkan harimau air, sekarang memasuki tahun kelinci air. Arti shio kelinci air itu melambangkan kemakmuran. Kita percaya tahun ini khususnya pertanian dan perdagangan akan bisa maju,” ungkapnya kepada JTV usai sembahyang dan doa bersama.

Pada puncak imlek besok, umat tri dharma setempat biasanya akan menggelar pai cia atau saling berkunjung dan memberikan ucapan selamat imlek. Selain itu, umat juga sembahyang di rumah masing-masing. (dzi/rok)