Iklan

Sketsa Bengawan
Rabu, 04 Januari 2023, 16:17 WIB
Last Updated 2023-01-04T09:19:16Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

KPU Tuban Lantik 100 Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilu 2024


TUBAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, melantik sebanyak 100 panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan umum tahun 2024, di salah satu tempat pertemuan di Jalan Basuki Rahmad, Tuban, pada rabu (04/01/2023) siang.

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji ini diawali dengan pembacaan pakta integritas. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari tahapan pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024.

Sebanyak 100 PPK yang dilantik, nantinya akan ditugaskan di 20 kecamatan di kabupaten tuban. Yang mana setiap kecamatan, akan diisi sebanyak 5 anggota PPK. Selanjutnya, PPK yang telah dilantik ini akan bertugas melaksanakan tahapan dan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan untuk pemilu 2024.

“Setelah dilantik ini selanjutnya mereka (PPK, red) akan kami berikan pembekalan dan bimbingan teknis,” jelas Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan.

Dalam sambutannya, ketua KPU Tuban meminta agar seluruh PPK yang dilantik bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa menjaga profesionalitas, netralitas serta integritasnya sebagai penyelenggara pemilu.
 
Sementara itu, pihak KPU Tuban belum bisa memastikan, apakah PPK yang dilantik saat ini juga dilanjutkan sebagai penyelenggara pilkada 2024 atau tidak.

“Belum bisa memastikan terkait hal itu karena masih menunggu regulasi yang ada,” imbuh ketua KPU Tuban.

Usai melantik PPK, KPU Tuban juga masih akan disibukkan dengan rekrutmen panitia pemungutan suara atau PPS. Proses rekrutmen penyelenggara pemilu di tingkat desa dan kelurahan tersebut, saat ini memasuki tahapan seleksi administrasi.

“Terkait PPS nanti tidak ada tes CAT karena berbagai pertimbangan yang ada. Nanti hanya tes tulis biasa,” tegas Fatkul Iksan.
 
Acara pelantikan PPK ini dihadiri oleh Komisioner KPU, Bawaslu, Forkopimda dan Forkopimca, Partai Politik, serta seluruh Ppk yang dilantik. Sementara pelaksanaan pemilu 2024, akan dilaksanakan pada tanggal 14 februari 2024. (dzi/rok)