Iklan

Sketsa Bengawan
Kamis, 05 Januari 2023, 15:31 WIB
Last Updated 2023-01-05T08:31:03Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Sepanjang Tahun 2022, Damkar Tuban Tangkap 111 Ular Piton hingga Kobra


TUBAN - Seratusan ular piton dan kobra muncul dan meneror pemukiman warga di Kabupaten Tuban. Hewan melata ini keluar dari sarang dan masuk ke pemukiman warga.

Kemunculan ular ini membuat para warga resah, sehingga petugas terpaksa mengevakuasi ular-ular berbahaya tersebut. Sepanjang tahun 2022, sedikitnya terdapat 111 ekor ular yang meneror warga Kabupaten Tuban.

Kemunculan ular, ini didominasi oleh ular jenis piton dan kobra. Untuk sementara, ular hasil tangkapan di karantina dalam kandang besar di kantor Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban. Setelah itu ular akan dilepas di hutan yang jauh dari pemukiman warga.
 
Menurut Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadim ular-ular ini banyak bermunculan disaat musim hujan. Mereka keluar dari sangkar saat terjadi banjir.

“Selama satu tahun di tahun 2022, kami sudah mengevakuasi sebanyak 111 ular. Cukup banyak dan biasanya paling sering itu kalau musim penghujan, banjir dia naik,” terang Gunadi saat ditemui JTV di kantornya, Kamis (05/01/2022).

Ular-ular ini muncul di berbagai daerah di Kabupaten Tuban. Namun kemunculan sering terjadi di Kecamatan Semanding, Plumpang, dan Tuban Kota.

“Untuk ular piton yang ditangkap ini ukurannya 3 sampai 4 meter. Kawasan paling sering temukan ular di daerah Semanding, Plumpang, dan Tuban Kota,” pungkas Kasatpol PP dan Damkar Tuban. (dzi/rok)