Iklan Beranda

Redaksi JTV
Sabtu, 14 Januari 2023, 23:05 WIB
Last Updated 2023-01-14T16:05:16Z
JombangPojok PituViewerViral

Umat Hindu Jombang Rayakan Hari Raya Kuningan Secara Sederhana

Umat hindu Jombang rayakan Hari Raya Kuningan secara sederhana di Pura Amerta Buana di Dusun Ngepeh, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang, Sabtu (14/01/2023).
JOMBANG – Puluhan umat hindu merayakan hari raya kuningan secara sederhana di Pura Amerta Buana di Dusun Ngepeh, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang, Sabtu (14/01/2023). Mereka memberikan persembahan sesaji berupa makanan dan buah-buahan sebagai rasa syukur kepada tuhan. 

Upacara sembahyangan ini dilakukan untuk  memeriahkan hari raya kuningan keluarga dan tetangga. Tidak hanya orang dewasa, sejumlah anak anak turut dalam sembahyang merayakan hari raya kuningan ini. 

Sesaji berisi nasi dan lauk-pauk, kue-kue dan makanan ringan serta buah-buahan yang dibawa masing-masing umat hindu dipersembahkan dalam hari raya kuningan ini. Usai rangkaian upacara, sesaji akan dibagi untuk dinikmati bersama.

Pinandita Pura Amerta Buana, Pranutik mengatakan, hari raya kuningan digelar setelah hari raya galungan yang baru dua pekan berlalu. Pada hari raya galungan para dewa turun ke bumi, sedang hari raya kuningan, para dewa kembali ke langit.

“Semoga semua dalam lindunganNya, walaupun alam bekerja sesuai kehendaknya,” tuturnya.

Usai sembahyang, umat hindu yang meramaikan pura amerta buana kemudian menikmati makanan yang dibawa. Satu dengan yang lain saling memberi dan menerima rejeki anugerah Tuhan. Mereka menikmati makan bersama dengan rasa suka cita. (ful/rok)