Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 08 Februari 2023, 15:26 WIB
Last Updated 2023-02-08T08:26:58Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Kekurangan Murid, 12 Sekolah Dasar di Bojonegoro Dimerger


BOJONEGORO - Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, akan melakukan merger sebanyak 12 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten setempat. 12 SD tersebut tersebar di wilayah Kecamatan Baureno, Bojonegoro Kota, Kecamatan Dander, Kecamatan Kalitidu, Kecamatan Kanor, Kecamatan Kedungadem dan Sumberjo.

Masing-masing adalah SDN Blongsong 2 Baureno dimerger dengan SDN Blongsong 1 Baureno. SDN Karangdayu 2  Baureno dengan SDN Karangdayu 1 Baureno. SDN Kauman 2 Baureno dengan SDN 1 Baureno. SDN Sumuragung 2 Baureno dengan SDN Sumuragung 1 Baureno. Dan SDN Negeri 3 Banjarejo digabung dengan SDN 1 Banjarejo Bojonegoro.

Selain itu, SDN Karangsono 2 juga turut dimerger dengan SDN 1 Dander. SDN 1 Mayangerjo digabung SDN 2 Mayangrejo. SDN Narang 1 Kanor digabung SDN Nglarangan 2. Dan terakhir SDN Sumberwangi 2 Kanor dengan SDN Sumberwangi 1.

Sementara di Kecamatan Kedungadem terdapat SDN Megale 1 Kedungadem dimerger dengan SDN Megale 2. Di Kecamatan Sumberjo terdapat 2 sekolahan yang dimerger. Yaitu SDN Mejuwet 1 Sumberjo digabung dengan SDN 2 Sumberjo, dab SDN 3 Sumberjo digabung dengan SDN 2 Sumberjo.

Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Bojonegoro, Fathur Rohim mengatakan, Merger SD tersebut dilakukan karena hanya memiliki murid kurang dari 50 siswa. Selain itu, jarak antar sekolah yang akan dimerger kurang dari 1 kilometer.

“Dan faktor terakhir, sekolah tersebut bukan satu satunya sekolah di kawasan setempat,” jelasnya kepada JTV, rabu (08/02/2023).

Dimergernya belasan SD tersebut akan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di daerah setempat. Sementara jumlah sekolah yang dimerger tahun ini, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini yang dimerger hanya SD saja, untuk SMP dan SMA tidak ada,” tutupnya. (edo/rok)