Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 24 Februari 2023, 15:35 WIB
Last Updated 2023-02-24T08:35:33Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Mahasiswa di Bojonegoro Antusias Ikuti Beasiswa 1 Desa 10 Sarjana


BOJONEGORO - Program beasiswa bagi para mahasiswa yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro disambut antusias. Pada jumat (24/02/2023) pagi, puluhan mahasiwa mengantre di Kantor Dinas Pendidikan setempat untuk melakukan pendaftaran beasiswa tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro,Suyanto mengatakan, para pendaftar beasiswa tahap 1 ini berasal dari berbagai perguruan tinggi swasta di Kabupaten Bojonegoro maupun perguruan tinggi negeri yang ada di luar Kabupaten Bojonegoro. Pemkab Bojonegoro, saat ini menyediakan 3 jenis beasiswa.

“Yakni beasiswa scientis, program beasiswa 1 desa 10 sarjana dari sebelumnya 1 desa 2 sarjana, dan beasiswa untuk tugas akhir,” terangnya kepada JTV.

Suyanto menambahkan, ketentuan untuk memperoleh beasiswa ini yaitu, warga ber NIK Bojonegoro dan berusia maksimal 20 tahun saat diterima sebagai mahasiswa. Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari mahasiswa S1 atau D4 perguruan tinggi negeri murni tidak transfer non kedinasan atau perguruan tinggi swasta di Bojonegoro dengan akreditasi B.

“Untuk syarat-syarat tambahan lainnya sudah terlampir,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengungkapkan, saat ini mahasiswa yang sudah mendaftar program beasiswa ini tercatat lebih dari 400 mahasiswa, sedangkan yang memenuhi syarat sebanyak 325 mahasiswa.

“Sementara kuota beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa tidak terbatas,” lanjutnya.

Sementara itu, Halimanisa salah satu mahasiswa mengatakan,program beasiswa ini sangat membantu dan mempermudah mahasiswa kurang mampu untuk mewujudkan cita-citanya.

“Sangat membantu mas, apalagi mahasiswa seperti saya yang sudah tidak punya orang tua,” ucapnya.

Program beasiswa scientist dan 1 desa 10 sarjana tahap 1 akan dibuka hingga tanggal 1 maret 2023 mendatang.Sementara tahap 2 akan dibuka hingga 1 agustus 2023. Sedangkan beasiswa tugas akhir tanggal 1 agustus 2023. (edo/rok)