Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 17 Maret 2023, 15:05 WIB
Last Updated 2023-03-17T08:05:20Z
JombangPojok PituViewerViral

Kerajinan Rajut Kreasi Napi Lapas Jombang Laris Manis


JOMBANG - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Jombang, menggelar pameran UMKM, Kamis (16/03/2023). Sejumlah pelaku UMKM yang memproduksi aneka kerajinan ikut ambil bagian, sekaligus mengikuti pembinaan UMKM yang digelar Dinas Koperasi Kabupaten Jombang.

Kerajinan produksi pelaku UMKM yang dipamerkan salah satunya adalah karya penghuni Lapas Kelas 2 B. Mereka menghadirkan hasil karya berupa kopyah rajut. Sambil menunggu pembeli, para napi ini melengkapi rajut karya yang dipamerkan.

Nita Octaviana, warga binaan yang menekuni kerajinan ini mengaku senang bisa memiliki kegiatan rajut. Pasalnya, waktu menjalani masa tahanan bisa lebih tenang untuk mengurangi rasa bosan.

“Apalagi kalau karya saya laku, juga mendapatkan bagian komisi dari pihak lapas yang memberikan pembelian bahan,” terangnya kepada JTV.

Sementara itu, Mundjidah Wahab, Bupati Jombang memberikan apresiasi dan dukungan usaha dari warga binaan. Selain memborong produksinya, Bupati juga berjanji akan memberikan bantuan modal kepada para perajin penghuni lapas setelah keluar dari lapas.

“Ini saya borong. Nanti setelah keluar dari lapas akan saya beri bantuan modal,” tegas Bupati Jombang kepada para napi. (ful/rok)