Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 05 April 2023, 20:39 WIB
Last Updated 2023-04-11T05:39:47Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Pemkab Bojonegoro Telah Salurkan 17 Unit Combine Harvester ke Poktan


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP)  telah mendistribusikan bantuan hibah Combine Harvester (mesin pemanen padi) tipe besar sejumlah 17 unit. Hibah alat dan mesin pertanian (alsintan) ini telah dilakukan pada 2022.

Kepala Dinas DKPP Kabupaten Bojonegoro Helmy Elisabeth menjelaskan, bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Anna Mu'awanah kepada 17 Poktan/Gapoktan di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Adapun tujuan dialokasikan bantuan Combine Harvester adalah sebagai upaya efisiensi waktu dan biaya panen padi di tingkat petani. Selain itu dengan adanya bantuan hibah Combine Harvester diharapkan dapat meningkatkan mutu hasil panen dan mengurangi kehilangan hasil pada saat panen padi.

"Bantuan hibah Combine Harvester yang telah di distribusikan kepada Poktan/Gapoktan selanjutnya menjadi tanggung jawab sepenuhnya Poktan/Gapoktan untuk mengelola dan merawat alsintan tersebut," jelasnya Rabu (5/4/2023).

Adapun untuk pengelolaan bantuan alsintan, Poktan/Gapoktan dapat melaksanakan musyawarah untuk menyepakati bagaimana mekanisme pengelolaan bantuan tersebut di masing-masing Poktan/Gapoktan.