Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 11 Mei 2023, 16:34 WIB
Last Updated 2023-05-11T09:34:06Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Daftarkan Bacaleg di KPU Tuban, PDIP Target Peroleh Minimal 10 Kursi DPRD


TUBAN - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tuban, secara resmi mendaftarkan 50 Bacaleg DPRD Kabupaten ke Kantor KPU setempat, pada kamis (11/05/2023) pagi. Pendaftaran ini, dimeriahkan tarian tradisional serta dihadiri oleh unsur pimpinan DPC PDIP Tuban dan puluhan kader. 


Ketua DPC PDIP Tuban, Andhi Hartanto mengatakan, pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten pada hari ini dilakukan secara serentak Se-Indonesia, sesuai instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Kedatangan rombongan DPC PDIP Tuban ke kantor KPU Tuban, diterima langsung oleh Komisioner KPU didampingi Bawaslu setempat. 


“Hari ini PDI Perjuangan Kabupaten Tuban mendaftarkan Bacaleg sesuai dengan perintah instruksi DPP secara serentak seluruh Indonesia. Kita melaksanakan pendaftaran di tanggal 11 mei 2023,” jelas Andhi Hartanto usai penyerahan berkas pendaftaran Bacaleg kepada KPU Tuban.


Lebih lanjut, Andhi Hartanto mengungkapkan, pihaknya mendaftarkan 50 bacaleg untuk bertarung di 5 daerah pemilihan di Tuban. Bacaleg tersebut berisi incumbent DPRD Kabupaten, serta kader-kader PDIP yang telah mengikuti proses tahapan di partai. 


“Untuk yang didaftarkan 50 bacaleg diseluruh dapil dan terpenuhi 100 persen serta kuota perempuan 34 persen. Selain incumbent, kita daftarkan kader-kader yang sudah melalui proses pengkaderan di partai dan mengikuti berbagai tahapan yang telah ditentukan partai,” ungkapnya.


Usai mendaftarkan Bacaleg ke KPU Tuban, PDIP Tuban akan segera melakukan konsolidasi sampai ke tingkatan bawah. Pasalnya, DPC PDIP Tuban mematok target menang di pemilihan legislatif maupun Presiden dan Wakil Presiden 2024. Serta target minimal 10 kursi DPRD Kabupaten pada pemilu 2024. 


“Target kita maksimal kita menang dan minimal 10 kursi di DPRD Tuban. Kita akan konsolidasi untuk memenangkan pemilu 2024, baik itu Pilpres maupun pemilihan legislatif dengan harapan menang hattrick di 2024,” tegas Ketua DPC PDIP Tuban.


Proses panjang yang dilalui bacaleg PDIP di internal partai, diharapkan bisa memastikan bakal calon wakil rakyat tersebut untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Tak menargetkan kemenangan partai, PDIP Tuban juga akan memastikan seluruh pemilih yang mempunyai hak pilih, masuk di dalam daftar pemilih tetap. 


“Selain menang, tugas dari DPP kepada DPC PDI Perjuangan Tuban adalah juga untuk memastikan seluruh pemilih yang punya hak pilih harus terdaftar di dalam DPT,” tandasnya.


Sekedar diketahui, pada pemilu 2014 dan 2019, PDIP Tuban mendapatkan 5 kursi DPRD Kabupaten. (dzi/rok)