Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 03 Mei 2023, 16:11 WIB
Last Updated 2023-05-03T09:11:48Z
NgawiPojok PituViewerViralWisata | Kuliner

Libur Lebaran, Tingkat Kunjungan Wisatawan di Ngawi Terdongkrak


NGAWI - Libur lebaran tahun 2023, berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan di sejumlah lokasi wisata Kabupaten Ngawi. Terdapat tiga lokasi wisata andalan yang menjadi magnet pengunjung selama liburan. Masing-masing adalah taman wisata alam srambang park, kebun teh jamus, serta taman wisata tawun.

Meningkatnya kunjungan wisata ini seiring dengan melandainya pandemi covid-19 serta telah dicabutnya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Berdasar catatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi, kunjungan tertinggi pada hari kedua dan ketiga lebaran dengan rata-rata pengunjung mencapai 3.000 hingga 7.000 ribu pengunjung dalam sehari.

Kepala Disparpora Ngawi, Wiwien Purwaningsih menjelaskan secara keseluruhan tingkat kunjungan mencapai 27 ribu hingga 30 ribu pengunjung selama momentum libur lebaran. “Terlebih hasil pemantauan langsung terhadap lokasi wisata didapati kebanyakan pengunjung berasal dari luar daerah yang tengah menjalankan aktifitas mudik lebaran,” jelasnya kepada JTV, Rabu (03/05/2023).

Selain itu, diakuinya untuk wisata tawun, kebun teh jamus dan srambang park sangat diminati karena lokasinya yang sejuk. Disamping itu, harga tiket yang sangat terjangkau yakni Rp.5.000 hingga Rp.20.000. “Serta pengelola wisata juga menghadirkan ekstra hiburan sehingga menambah daya tarik wisatawan,” imbuhnya.

Wiwien menambahkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan strategi terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisata. Termasuk pembinaan terhadap lokasi wisata yang dikelola pihak swasta dan pemerintahan desa agar mampu menyajikan yang terbaik bagi para pengunjung. (ito/rok)