Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 22 Mei 2023, 15:44 WIB
Last Updated 2023-05-22T08:44:21Z
JombangPojok PituViewerViral

Vakum, Cucu Pendiri NU Resmi Dilantik Jadi PCNU Jombang


JOMBANG - Setelah vakum cukup lama akhirnya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melantik pengurus baru PCNU Jombang. Cucu pendiri NU KH Fahmi Amrullah Hadzik resmi menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah.

Pelantikan dilakukan di gedung PCNU di Jalan Raya Mojoagung, Kabupaten Jombang, Sabtu (20/05/2023) disaksikan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya bersama Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

Sementara pelantikan PCNU Jombang ini dipimpin langsung Katib Aam PBNU KH Ahmad Said Asrori, usai Sekjen PBNU Saifullah Yusuf membacakan SK pelantikan. KH Fahmi Amrullah dilantik sebagai Ketua Tanfid dan KH Achmad Hasan sebagai Rais Syuriah. Keduanya ini akan menjalankan tugas masa khidmat 2023 – 2024.

Sekjen PBNU, KH Saifullah Yusuf mengatakan, pelantikan ini sudah sesuai AD/ART dan peraturan perkumpulan. Tujuan utama penunjukkan ini kita menginginkan sami'na wa atho'na terbangun mulai ranting, MWC, dan PW.

“Pelantikan ini sudah sesuai AD/ART dan peraturan perkumpulan. Tujuan utama penunjukan ini kita menginginkan sami'na wa atho'na terbangun mulai Ranting, MWC, dan PW, pada satu komando satu isyarat. Karena ini tentu yang diinginkan Hadratussyeikh Hasyim Asy'ari,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gus Ipul menyebut ada dua landasan dalam menjalankan roda organisasi nu,termasuk juga dalam menunjuk kepengurusan PCNU Jombang. Pertama bahwa keputusan ini didasarkan pada aturan tertulis yakni berpedoman pada AD/ART, peraturan perkumpulan serta peraturan organisasi lainnya.

“Kedua keputusan penunjukan ini juga berlandaskan tradisi yang oleh Rais Aam disebutkan sebagai thoriqoh di dalamnya penghormatan kita pada ulama dan kiai. Masa satu tahun ini diharapkan bisa dijalankan untuk menyiapkan konfresensi tahun depan sekaligus menata struktur organisasi hingga ke tingkat ranting,” tutupnya. (ful/rok)