Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 30 Juni 2023, 15:51 WIB
Last Updated 2023-07-03T07:27:42Z
BojonegoroPotensi DaerahQurbanViewerViral

Berkah Idul Adha, Jasa Bakar Kepala dan Kaki Hewan Kurban Kebanjiran Order


BOJONEGORO - Perayaan Hari Raya Idul Adha, menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa bakar kepala dan kaki hewan kurban yang ada di Pasar Tradisional Kabupaten Bojonegoro.

Pantauan JTV di lokasi, Jumat (30/06/2023) Warga silih berganti datang membawa kepala dan kaki hewan kurban untuk dibakar agar bersih dari bulu-bulu yang melekat.

Mas Nur, penyedia jasa bakar kaki dan kepala hewan mengatakan, proses pembersihan bulu kaki maupun kepala sapi dan kambing memang cukup rumit, menyita waktu dan tenaga. Kondisi ini membuat banyak warga yang ingin mengolahnya menggunakan jasa pembakaran ini, meski harus membayar.

“Warga itu kan nggak mau repot-repot bersihkan mas, sehingga dibawa kesini untuk dibersihkan,” jelasnya.

Berbekal blower, pisau dan kain, para penyedia jasa ini membersihkan bulu hewan yang menempel di kaki dan kepala. Proses pembersihan membutuhkan waktu antara 30 menit sampai satu jam.

Selama momen idul adha, dalam sehari penyedia jasa bakar kepala hewan ini mampu melayani puluhan kaki dan kepala hewan, baik sapi maupun kambing. Sementara biaya untuk pembakaran kaki sebesar 10 ribu, kepala kambing 25 ribu, serta kepala sapi 50 ribu rupiah.

“Ramainya biasanya sampai hari ketiga kurban mas, setelah itu ya tidak ada lagi. Ini istilahnya kan, kerja musiman,” tutup Mas Nur. (lim/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News