Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 20 Juli 2023, 16:38 WIB
Last Updated 2023-07-20T09:38:25Z
BojonegoroPotensi DaerahViewerViral

Bulan Suro, Penjual Bunga Kantil hingga Daun Sirih di Bojonegoro Laris Manis


BOJONEGORO - Datangnya bulan Muharam atau bulan Suro dalam kalender jawa, menjadi berkah tersendiri bagi penjual bunga di Kabupaten Bojonegoro. Kondisi tersebut salah satunya dirasakan oleh para pedagang bunga di Kawasan Pasar Bojonegoro Kota, Kamis (20/07/2023).

Sejak tiga hari terakhir, penjualan beraneka macam bunga laris manis. Namun, yang paling banyak diburu masyarakat adalah bunga setaman, bunga kantil dan daun sirih.

Menurut para pedagang, bunga tersebut digunakan oleh warga untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk nyekar di makam, melakukan ritual memandikan benda pusaka dan keperluan ritual lainnya di bulan Suro.

“Ini ramai sejak 3 hari ini mas. Yang paling laris bunga setaman, bunga kantil dan daun sirih,” ungkap Sarti kepada JTV.

Untuk bunga setaman di jual mulai harga 5 sampai 10 ribu rupiah. Sementara bunga kantil dijual antara 10 sampai 15 ribu rupiah. Sedangkan daun siri di jual 10 ribu per ikat.

“Pada awal bulan suro ini dalam sehari bisa menjual bunga kantil antara 20 sampai 30 paket. Sedangkan bunga setaman bisa terjual 10 hingga 15 paket. Untuk daun sirih sehari bisa terjual 20 sampai 30 ikat,” terang Sarti.

Penjualan ini melonjak drastis jika dibandingkan hari biasa. Sementara kenaikan penjualan ini akan kembali normal setelah perayaan suro berakhir. (edo/rok)