Iklan Beranda

Redaksi JTV
Senin, 10 Juli 2023, 08:14 WIB
Last Updated 2023-07-10T11:17:03Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Menteri Koperasi & UKM Panen Padi yang Ditanam Presiden Jokowi di Tuban

 
TUBAN - Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia (RI) Teten Masduki, melakukan panen padi di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Sabtu (08/06/2023) kemarin. Sebelumnya, padi ini ditanam Presiden RI Joko Widodo pada 6 april 2023 lalu. 

Pantauan JTV di lokasi, dalam panen padi ini Menteri Teten didampingi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Wakil Bupati Tuban Riyadi, Ketua Serikat Petani Indonesia, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, bersama sejumlah pihak terkait, terjun langsung ke sawah. 

Seperti petani pada umumnya, para pejabat ini memanen padi menggunakan sabit dan kemudian memamerkan hasil padi yang dipanen. Panen padi di lahan seluas 1.000 hektar di kawasan setempat ini dilakukan dalam rangka hari ulang tahun serikat petani indonesia ke 25 dan hari koperasi ke 76.

Dalam kesempatan ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, sesuai instruksi Presiden wilayah ini akan menjadi pilot projek pertanian model agro ekologi dengan penggunaan pupuk organik. Model pengembangan dilakukan menggunakan bisnis koperasi dengan skema yang ditawarkan adalah dana bergulir koperasi dengan pinjaman KUR untuk biaya tanam.

“Hari ini kami melakukan panen bersama pada padi yang sebelumnya sudah ditanam oleh Pak Presiden. Selain itu, kami ditugaskan oleh pak Jokowi untuk menjadikan tempat ini sebagai pilot projek pengembangan model bisnis koperasi,” terangnya kepada awak media.

Lanjut Teten, dengan hadirnya program koperasi pertanian model bisnis diharapkan bisa meningkatkan ekonomi para petani. Selain itu, hasil panen yang didapatkan juga diharapkan mampu penyuplai kebutuhan beras nasional. 

“Kami sudah ada beberapa model, nanti akan lakukan pendanaan bergulir. Nanti akan kita beli lalu kita akan pasarkan di bulog atau kita pasarkan sendiri,” imbuhnya.

Usai pelaksanaan panen, rombongan Menteri Koperasi dan UKM, Bupati dan Wakil Bupati menuju Kecamatan Bancar, Tuban untuk meninjau pabrik tepung tapioka. (dzi/rok)