Iklan Beranda

Redaksi JTV
Senin, 10 Juli 2023, 19:00 WIB
Last Updated 2023-07-10T12:12:55Z
Kabar ApikViewerViral

Ribuan Warga Desa Sudah Malo Ikuti Kirab Kubah Masjid Al Muttaqin Keliling Desa

 
KABAR APIK - Ribuan warga Desa Sudah, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (09/07/2023) siang tumpah ruah di jalan desa setempat. Mereka datang untuk mengikuti acara kirab kubah masjid Al Muttaqin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sudah dan pengurus masjid setempat.

Kirab kubah masjid memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Desa Sudah. Yang mana sebelum kubah masjid dinaikkan ke atas masjid, terlebih dahulu di kirab keliling desa bersama warga desa setempat. 

Pantuan JTV di lokasi, kirab kubah keliling desa ini diiringi dengan beberapa musik tradisional oklik, baringsai, drum band murid sekolah, serta seluruh elemen masyarakat Desa Sudah.

Proses kesakralan dan penuh khidmat menyelimuti prosesi kirab hingga kubah dinaikkan ke atas Masjid. Lantunan adzan, sholawat, serta do’a masyarakat mengiringi proses menaikkan kubah ke atas masjid.

Kepala Desa Sudah, Agus Muklison mengucapkan terima kasih atas  dukungan dan partisipasi masyarakat dari tingkat RT, tokoh masyarakat, aparatur desa, dan panitia pembangunan yang selama ini dengan ikhlas, ikhtiyar, do'a dan semangat gotong royong dalam membangun masjid al muttaqin.

“Dengan dibangunnya Masjid Al Muttaqin diharapkan bisa menjadikan Desa Sudah yang mandiri, gemah ripah lohjinawe, dan masyarakatnya guyup dan selalu diberikan kesehatan serta rezeki yang berlimpah,” harap Agus Muklison.

Sekedar diketahui, Masjid Al Muttaqin sendiri mulai dibangun hari minggu warga dalam tanggalan jawa atau pada tanggal 17 Juli 2022. Tepat hampir 1 tahun dalam proses pembangunan, maka dilakukan kirab kubah masjid. 

Masjid Al Muttaqin memiliki ukuran cukup besar dan terdiri dari 2 lantai. Masjid ini dibangun secara gotong-royong penuh keikhlasan oleh masyarakat Desa Sudah dan dapat menampung ratusan jamaah. 

Di bangunya Masjid Al Muttaqin dengan desain arsitektur modern selama kurun waktu 1 tahun, merupakan salah satu ikhtiar dan do’a warga masyarakat Desa Sudah, hingga akhirnya dapat selesai dan masjid terlihat sangat megah. (*/edo)