Iklan Beranda

Redaksi JTV
Minggu, 30 Juli 2023, 14:23 WIB
Last Updated 2023-07-30T11:32:27Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ponpes Miftahul Ulum, Ini Pesan Abidin Fikri

KABAR APIKDalam rangka penguatan pemahaman masyarakat mengenai Empat Pilar MPR RI, Anggota MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Sukorejo, Tambakrejo, Bojonegoro, Sabtu, (29/07/2023).



Dalam pemaparannya di hadapan ratusan santri dan pengasuh pondok pesantren Miftahul Ulum, H. Abidin Fikri. S.H.,M.H. menerangkan bahwa kita harus bersyukur bahwa para pendiri bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan Dasar Negara Indonesia merdeka yaitu Pancasila. 



"Syukur Alhamdulillah Bangsa kita telah sepakat bahwa Dasar Negara Indonesia Merdeka adalah Pancasila," terang Abidin Fikri.



Lebih lanjut Abidin Fikri menjelaskan bahwa, "Pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945 sebelum Indonesia memproklamasikan Kemerdekaan, Bung Karno mengemukakan Lima prinsip yang menjadi dasar Indonesia Merdeka yaitu Pancasila. Lima sila yang dirumuskan oleh Bung Karno disahkan di tanggal 18 Agustus 1945 atau sehari setelah Indonesia Merdeka, sila-sila Pancasila termaktub dalam Pembukaan UUD 1945," jelas Abidin Fikri.



Kepada para santri dan pengasuh pondok pesantren, Abidin Fikri berpesan bahwa Pancasila sejatinya telah memenuhi kaidah syariat Islam. Mencintai tanah air adalah bagian dari syariat Islam dan mencintai tanah air adalah bagian dari iman. "Pondok Pesantren memiliki peran yang besar dalam mempraktekkan Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan para ulama dan santri sehingga Bangsa Indonesia tetap kuat, rukun dan bersatu agar kita semua bisa leluasa dalam melahirkan generasi yang unggul dan berkualitas," pesan Abidin Fikri yang juga Anggota Komisi IX DPR RI.



Sosialisasi Empat Pilar ini turut mengagendakan prosesi pengukuhan Pengurus Cabang Baitul Muslimin Kab. Bojonegoro, santunan anak yatim-piatu dan persemian BLK Komunitas Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Tambakrejo. (*)