Iklan Beranda

Redaksi JTV
Senin, 17 Juli 2023, 14:00 WIB
Last Updated 2023-07-20T07:48:08Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Tahun Ajaran Baru, SDN 2 Kedungrejo Tuban Tak Dapat Murid

 
TUBAN - Memasuki tahun ajaran baru, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Kedungrejo, Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, tak dapat murid baru. Pada hari pertama masuk sekolah senin (17/07/2023) pagi, para guru dan murid SDN setempat menggelar apel sebelum bersiap masuk kelas. 

Tak seperti Sekolah Dasar Negeri di tempat lain, murid di SDN 2 Kedungrejo ini dari kelas 1 hingga kelas 6 tercatat hanya berjumlah 13 siswa. Bahkan, pada tahun ajaran 2023 ini, SDN 2 Kedungrejo tak mendapatkan murid baru. 

Hal ini membuat kondisi ruang kelas satu tampak kosong dan tak terpakai. Hanya terlihat kursi dan meja guru, sementara untuk kursi siswa ditempatkan di kelas lain.
 
Guru Kelas IV SDN 2 Kedungrejo, Dina Endrian mengaku kesulitan mendapatkan murid sejak 4 tahun yang lalu. Selain karena sarana dan prasarana yang kurang memadai, tidak adanya taman kanak-kanak di dekat setempat setempat juga menjadi salah satu penyebabnya. 

“Sudah 4 tahun kesulitan dapat siswa. Kendalanya karena prasaranya. Lantainya mungkin kurang layak bagi murid,” tegasnya Dina kepada JTV.

Lanjutnya, kondisi ini membuat para orang tua lebih memilih mendaftarkan anaknya di sekolah lain. Agar mendapatkan murid pada tahun ajaran selanjutnya, pihak sekolah akan berkolaborasi dengan pihak desa untuk mengadakan tk dan paud. 

“Sehingga nantinya lulusan dari TK tersebut akan langsung diarahkan melanjutkan pendidikan di SDN setempat,” imbuh Dina. 

Imbuh Dina, para guru setempat berharap agar Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap infrastruktur serta sarana prasarana belajar di sekolah tersebut. “Harapannya sarana khususnya lantai bisa lebih diperhatikan lagi,” pungkasnya. (dzi/rok)
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News