Iklan Beranda

Redaksi JTV
Minggu, 20 Agustus 2023, 14:29 WIB
Last Updated 2023-08-20T09:02:57Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Diisi Caleg-caleg Petarung, Golkar Target Dapil Tuban-Bojonegoro Tambah Kursi

BOJONEGORO – Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Muhammad Sarmuji optimis perolehan kursi baik di DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi Jatim maupun DPR RI di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro bisa meningkat berlipat ganda pada Pemilu 2024.
 
Hal tersebut disampaikan Sarmuji saat pelepasan caleg Golkar semua tingkatan di Dapil Tuban-Bojonegoro yang digelar di Hotel Dewarna, Jalan Veteran, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (19/08/2023).
 
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini berpesan agar tidak ada kanibalisme di internal partai serta saling mematikan antar caleg Golkar. Namun, seluruh kader dan caleg Golkar diharapkan bergerak bersama membangun kesepahaman secara vertikal dan linier dalam meraih suara terbanyak di Bojonegoro dan Tuban. 
 
“Kita harapkan perolehan suara baik di tingkat DPR RI, DPRD Jatim maupun DPRD Kabupaten bisa seimbang untuk kemenangan Golkar,” harapnya.
 
Sarmuji optimistis perolehan kursi Golkar pada Pemilu 2024 nanti meningkat. Sehingga dia ingin pada Pemilu nanti perolehan suara Golkar mampu menembus peringkat 3 besar di Jawa Timur.
 
“Pada Pemilu 2019 lalu, perolehan suara Golkar berada di peringkat kelima setelah PDIP, PKB, Gerindra, dan Demokrat. Namun, nantinya dengan berbagai upaya, potensi dan caleg yang dimiliki Golkar saat ini, kita targetkan bisa menembus tiga besar,” papar Sarmuji.
 
Lanjut Sarmuji, sejak awal DPD Golkar Jatim berharap pada Pemilu 2024 nanti, partainya mampu merebut 20 kursi DPR RI dan 2 diantaranya bisa diraih dari Dapil Jatim IX ini.
 
“Golkar di Tuban masih tetap bisa meraih terbaik. Kita tahu Bupatinya merupakan salah satu kader terbaik Golkar. Tentunya hal itu bisa diikuti Golkar di Bojonegoro,” tutupnya.
 
Sementara itu, berdasarkan Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan KPU RI di website resminya, caleg Partai Golkar untuk DPR RI dari Dapil Jatim IX Tuban-Bojonegoro sesuai nomor urut adalah Haeny Relawati Rini W, Satya Widya Yudha, Maulana Sumarlin, Eko Wahyudi, Ario Wisnu Susanto, dan Susilowati.
 
Sedangkan caleg Partai Golkar di DPRD Provinsi Jatim dari Dapil ini ada 7, yakni Freddy Purnomo, Aulia Hany Mustikasari, Budi Wijanarko, Siti Nurjanah, Herny Trias Ambar Sesanti, Ridho Jalu Nuringtyas dan Ahmad Reza Alfian.


Survei Indopol Jatim: Popularitas Golkar No 2 di Jatim
 
Direktur Indopol Jawa Timur, Fauzin mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya pada bulan Juli 2023 lalu di Regional Jawa Timur. Popularitas Partai Golkar berada di peringkat kedua dengan 89,7 persen. Partai beringin ini hanya kalah dengan PDI Perjuangan yang mencatat popularitas sebesar 90,4 persen.
 
Namun, lanjut Dosen Universitas Trunojoyo Madura ini, elektabilitas Partai Golkar di Jawa Timur berada di peringkat kelima. Dibawah PDIP, Gerindra, PKB dan Nasdem.
 
“Survei kami pada Juli 2023 lalu, Golkar punya popularitas tertinggi kedua di Jatim. Tapi untuk elektabilitas hanya di peringkat lima,” jelas Direktur Indopol Jatim saat dikonfirmasi JTV, Minggu (20/08/2023).
 
Sementara disinggung terkait target tinggi yang dipasang DPD Golkar Jatim, Fauzin mengatakan bukan hal mustahil. 
 
“Bisa saja masuk tiga besar di Jatim. Tapi yang jelas mesin partai, bacaleg dan kerja keras kader hingga relawan sampai di tingkat akar rumput harus dimaksimalkan,” pungkasnya. (lim/rok)