Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 19 September 2023, 16:08 WIB
Last Updated 2023-09-19T09:08:50Z
NgawiPojok PituPolitik | PemerintahanViewerViral

Panen Raya, Bupati Berharap Pertanian Tembakau di Ngawi Kembali Berkembang


NGAWI - Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menandai musim panen raya tembakau tahun 2023 di lahan tembakau Dusun Gayam, Desa Sawo, Kecamatan Karangjati, Selasa (19/09/2023). Melihat kondisi tanaman dan harga jual saat ini Bupati menyatakan tahun ini momentun tembakau Ngawi kembali berkembang.

Menurutnya, Pemkab Ngawi melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan OPD terkait terus berupaya untuk kembali meningkatkan potensi tembakau Ngawi. Termasuk fasilitas ukm bidang tembakau yang diberikan penguatan dan kemudahan layanan perizinan untuk bisa memproses secara mandiri.

“Panen raya tembakau ini bisa menjadi titik balik potensi berkembangnya tembakau di Ngawi. Terlebih kualitas tembakau Ngawi sangat diminati oleh perusahaan tembakau karena kualitas hasil panen dan bibit yang sangat bagus,” jelas Bupati Ngawi.

Lanjut Ony, saat ini luas lahan tanam tembakau di Ngawi mencapai 1.500 hektar dan paling banyak berada di wilayah Kecamatan Karangjati terdapat 700 hektar. Dengan hasil rata-rata tiap sekali panen dalam satu hektar mencapai 1,8 hingga 2 ton.

Disamping itu harga jual tembakau kering saat ini juga sangat bagus yakni mencapai Rp45.000 hingga Rp60.000 per kilogram untuk tembakau kering. “Potensi tembakau di Ngawi akan kita kembangkan secara serius, karena lahannya juga luas,” imbuh Bupati Ngawi menegaskan.

Data dari DKPP Ngawi, luas tanam tembakau pada musim kemarau ini cukup tinggi yakni mencapai 1.500 hektar atau meningkat 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 500 hektar. Tingginya minat petani menanam tembakau ini karena musim kemarau yang cukup panjang sehingga sangat bagus untuk komoditi tanam tembakau. (ito/rok)