Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 18 September 2023, 16:17 WIB
Last Updated 2023-09-18T09:17:18Z
TubanViewerViral

Viral, Rombongan Pemotor Buang Sampah di Kawasan Pemukiman Warga


TUBAN - Aksi rombongan pemotor buang sampah sembarangan di sebuah lahan kosong yang ada di tengah pemukiman warga gang Al Falah, Kelurahan Sidorejo, Kabupaten Tuban, terekam kamera CCTV. Dalam rekaman terlihat, tindakan tidak terpuji ini dilakukan secara berjamaah.

Dalam rekaman CCTV, mereka melaju beriringan lalu membuang kantong plastik berisi sampah ke lahan kosong di samping rumah warga setempat. Aksi rombongan warga dengan mengendarai motor sejenis inipun seketika viral dan beredar luas di media sosial.

Video para pelaku mendapat beragam komentar dari warganet yang mayoritas mengecam aksi buang sampah sembarangan. Pantauan di lokasi pada Senin (18/09/2023) siang, jenis sampah yang dibuang para pelaku didominasi limbah rumah tangga yang sulit terurai.

Diantaranya plastik makanan, bungkus mie instan, kemasan sabun, serta, popok bayi. Akibat aksi para pelaku, lingkungan sekitar menjadi kotor dan menimbulkan bau tak sedap.

“Resah mas, karena ini kan lingkungan perumahan. Ada sampah menumpuk selain pemandangannya tak enak dilihat juga baunya sampai ke rumah warga,” keluh Andiyanto, warga Gang Al-falah.

Lanjut Andiyanto, para pelaku diduga telah berulang kali membuang sampah ke lokasi lahan kosong. Bahkan, warga juga kerap membersihkan tumpukan sampah secara gotong royong.

“Tapi karena aksi buang sampah terus saja dilakukan, akhirnya warga berinisiatif memasang tulisan “dilarang buang sampah” dan CCTV untuk memantau,” imbuhnya.

Pasca viral kejadian buang sampah sembarangan ini, warga setempat meningkatkan kewaspadaan. Hasilnya, seorang pemuda tertangkap tangan saat hendak membuang sampah. Meski tidak diberi sanksi tegas, namun warga memperingatkan pelaku agar tidak mengulangi perbuatannya. (dzi/rok)