Iklan Beranda

Redaksi JTV
Sabtu, 21 Oktober 2023, 14:05 WIB
Last Updated 2023-10-21T07:05:02Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanTubanViewerViral

Dinkes P2KB Tuban Gelar Pelayanan KB MOW dan MOP Gratis

 
KABAR APIK - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, menggelar kegiatan pelayanan KB medis operasi wanita (MOW) dan medis operasi pria (MOP) secara gratis di Rumah Sakit Medika Mulia Tuban, Sabtu (21/10/2023) pagi. 

Selain bekerjasama dengan Rumah Sakit Medika Mulia Tuban, kegiatan ini juga diselenggarakan bersama Kodim 0811 Tuban dan BKKBN. Pelayanan KB MOP dan MOW ini bertujuan untuk menekan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta mengendalikan jumlah penduduk di Kabupaten Tuban. 

Data yang dihimpun JTV, sebanyak 175 warga dari berbagai kawasan di Tuban mengikuti program pelayanan KB gratis yang bertujuan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas ini. Masing-masing sebanyak 164 wanita dan 11 pria. 

Setelah dinyatakan lolos dalam tahapan screening, para peserta selanjutnya akan ditangani oleh dokter yang sudah terlatih secara khusus. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pelayanan prima dari pihak Rumah Sakit Medika Mulia Tuban. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Tuban, Esti Surahmi mengatakan, sasaran program ini adalah akseptor KB berusia maksimal 40 tahun. Kedepan, pihaknya dinkes P2KB Tuban juga senantiasa menjaga dan melakukan penguatan program-program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. 

“Ini dilakukan untuk menguatkan generasi yang unggul dan berkualitas, untuk menyongsong generasi emas 2045,” tegasnya kepada JTV usai acara. 

Suksesnya program ini, tak lepas dari peran serta Petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) setempat. Meski banyak tantangan di lapangan, mereka terus bekerja keras untuk memotivasi dan mengajak masyarakat, khususnya warga kurang untuk mensukseskan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. 

“Kita di lapangan kadang kesulitan untuk menjelaskan kepada masyarakat, karena mereka menolak. Tapi kita tetap harus bekerja keras dengan melakukan berbagai pendekatan untuk mensukseskan program ini,” jelas Ketua PPKBD se Kabupaten Tuban, Rini Hari Hardini. 

Pada tahun 2023 ini, pelayanan KB gratis seperti ini di Kabupaten Tuban sudah melebihi target. Program pelayanan secara serentak seperti yang digelar kali ini, ternyata lebih diminati oleh masyarakat. 

“Tahun ini yang pelayanan gratis sudah melebihi target. Bahkan sudah habis. Semoga tahun depan anggarannya bisa ditingkatkan lagi untuk mensukseskan program ini,” terang Ketua Ikatan Penyuluh KB Cabang Tuban, Samsul Huda. 

Program pelayanan KB MOW dan MOP gratis ini juga mendapat dukungan penuh dari rumah Sakit Medika Mulia Tuban dan Kodim 0811 Tuban. Pihak Kodim 0811 Tuban berharap, jalinan sinergitas dan kolaborasi seperti ini bisa terus ditingkatkan, sehingga program pemerintah ini bisa berjalan dengan sukses. 

“Kami dari Kodim 0811 Tuban juga turut serta membantu mensukseskan program bakti sosial ini. Kedepan semoga semakin ditingkatkan sehingga bisa berjalan dengan sukses,” ungkap Perwira Seksi Teritorial Kodim 0811 Tuban, Kapten Inf. Tri Anang S.

Kegiatan ini, juga untuk mendukung upaya percepatan penanganan stunting di Kabupaten Tuban. (dzi/rok)