Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 11 Oktober 2023, 15:43 WIB
Last Updated 2023-10-11T08:43:37Z
BojonegoroHukum | PeristiwaKebakaranViewerViral

Lahan Kosong di Bojonegoro Terbakar, Diduga Akibat Bakar Sampah


BOJONEGORO - Kebakaran hebat terjadi di sebuah lahan kosong di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (11/10/2023) siang. Cuaca panas dan hembusan angin membuat api dengan cepat membesar, sehingga membuat warga yang bermukim di sekitar lokasi panik.

Beruntung, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojonegoro segera tiba di lokasi kejadian. Untuk memadamkan api, petugas mengerahkan 8 personil, 1 unit mobil pemadam kebakaran serta 1 mobil water supplay. Petugas butuh waktu sekitar 30 menit untuk memadamkan api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojonegoro, Achmad Gunawan mengatakan, kebakaran lahan kosong ini diduga akibat aktivitas membakar sampah sembarangan yang dilakukan oleh warga. Percikan api kemudian tertiup angin, sehingga membakar lahan di sekitar.

“Api berhasil kita padamkan sekitar 30 menit. Sehingga kobaran api tidak sampai menjalar ke pemukiman warga dan perkantoran yang ada di dekat lokasi kejadian,” ungkapnya kepada JTV.

Atas kejadian ini, Achmad Gunawan menghimbau agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan, mengingat saat ini kondisi cuaca sangat panas.

“Di Bojonegoro ini terbanyak penyebab kebakaran akibat aktivitas pembakaran sampah sembarangan. Untuk itu kami imbau agar warga lebih waspada dan berhati-hati,” pungkasnya. (edo/rok)