Iklan Beranda

Redaksi JTV
Senin, 23 Oktober 2023, 13:05 WIB
Last Updated 2023-10-25T08:11:57Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Mayat Bayi Ditemukan Tersangkut Tali Jangkar Perahu Nelayan di Tuban

 
Tim Inafis Polres Tuban saat melakukan proses identifikasi mayat bayi di kamar jenazah RSUD Koesma Tuban, Senin (23/10/2023). 
TUBAN - Warga perkampungan nelayan Dusun Meduran, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, digemparkan dengan penemuan mayat bayi di bibir pantai desa setempat, Senin (23/10/2023) pagi. Bayi berjenis kelamin perempuan ini ditemukan dalam kondisi tengkurap dan tali pusar sudah terpotong. 

Data yang dihimpun JTV di lokasi, bayi malang tersebut pertama kali ditemukan oleh nelayan setempat yang sedang menyandarkan perahu sepulang dari melaut. Tanpa sengaja, nelayan tersebut melihat sesosok bayi tersangkut pada tali jangkar perahu yang sedang di parkir di bibir pantai setempat. 

Oleh para nelayan, bayi yang diperkirakan baru lahir tersebut dievakuasi ke daratan, lantaran khawatir terbawa ombak. Kejadian ini, selanjutnya dilaporkan kepada pihak kepolisian. 

“Kondisi bayi sudah meninggal, tidak pakai pakaian sama sekali, dan jenis kelaminnya perempuan. Itu ditemukan tersangkut tali jangkar perahu saat kondisi laut sedang surut,” ungkap Burhannudin, warga setempat.

Untuk keperluan visum, mayat bayi perempuan tersebut selanjutnya dibawa petugas ke kamar jenazah Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Koesma Tuban. Selain itu, petugas juga melakukan olah tempat kejadian perkara, memeriksa sejumlah saksi mata serta mencari barang bukti di sekitar lokasi. 

Diduga bayi yang baru dilahirkan ini sengaja dibuang oleh orang tuanya. Pihak kepolisian hingga kini masih melakukan penyelidikan bekerjasama dengan Bidan Desa serta Puskesmas di Kecamatan Jenu, Tuban, untuk mencari siapa pelaku pembuangan bayi ini. 

“Kita juga bekerjasama dengan Bidan Desa dan Puskesmas untuk mencari informasi dan data, siapa warga yang hamil antara 6 sampai sekian bulan,” tegas Kapolsek Jenu, Tuban, Iptu Rianto kepada JTV.

Lanjutnya, berdasarkan identifikasi, bayi malang ini diperkirakan baru dilahirkan. Secara fisik, kondisinya terlahir sehat dan bagus, tanpa mengalami cacat.

“Kita juga dalami motif pembuangan bayi ini. Usia bayi ini diperkirakan baru dilahirkan dan kondisinya normal,” tutup Kapolsek Jenu. (dzi/rok) 
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News