Iklan Beranda

Redaksi JTV
Senin, 23 Oktober 2023, 13:46 WIB
Last Updated 2023-10-25T08:12:11Z
BojonegoroKabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Singgung Kontribusi Besar TNI, Sekda Bojonegoro Tutup TMMD Imbangan Tahun 2023

 

Sekda Bojonegoro Nurul Azizah menutup kegiatan TMMD Imbangan tahun 2023 di Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Senin (23/10/2023) pagi.

BOJONEGORO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2023 di Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Senin (23/10/2023) pagi.

Dalam penutupan acara ini, Sekda Bojonegoro Nurul Azizah membacakan sambutan Pj Bupati Adriyanto yang mengatakan bahwa Program TMMD sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar dari wilayah Bojonegoro merupakan daerah pedesaan. 

Sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana maupun insfratruktur wilayah, masih sangat relevan dan sangat diperlukan, sesuai dengan koridor udang undang, dalam berbagai sektor pembangunan dengan melaksanakan pengerjaan sasaran fisik, maupun sasaran kegiatan non fisik.

Lanjut Sekda Bojonegoro dalam pembacaan sambutan, selama satu bulan prajurit TNI bersinergi dengan Pemerintah Daerah, segenap elemen, serta warga masyarakat, bahu-membahu menyelesaikan program TMMD Imbangan Tahun 2023 ini. Kebersamaan ini merupakan wujud sinergitas yang positif, dalamengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu pemerintah daerah memepercepat pembangunan di daerah.

“Dengan selesainya kegiatan TMMD, semoga dapat berguna bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, dan mempercepat roda perekonomian di pedesaan, agar bisa lebih maju lagi,” kata Nurul Azizah.

Pelaksanaan TMMD Imbangan Tahun 2023 yang dilaksanakan Kodim 0813 Bojonegoro ini, sebagai wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kemajuan desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan kemampuan TNI bersama masyarakat dalam rangka mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang dan berkesinambungan.

Selama satu bulan pelaksanaan TMMD Imbangan ini, telah diselesaikan pembangunan bronjong dan jembatan di Desa Gondang oleh prajurit TNI dengan cara bergotong-royong bersama masyarakat. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat setempat beraktivitas serta memperlancar akses roda perekonomian.

Selain itu, dalam TMMD ini juga dibangun drainase, TPT, MCK, pengembangan UMKM dan membangun fasilitas untuk masyarakat lainnya. Sedangkan sasaran non fisik kegiatan TMMD, prajurit TNI juga melakukan beragam penyuluhan kepada masyarakat setempat. Diantaranya penyuluhan keagamaan, bela negara, pendidikan, kamtibmas, narkoba, terorisme, hingga penyuluhan kesehatan.

“Adanya TMMD ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengucapkan terimakasih dan harapannya dengan adanya pembangunan insfratuktur dapat membantu masyarakat sekitar,” imbuh Sekda Bojonegoro.

Pantauan JTV di lokasi, upacara penutupan ini juga dihadiri Komandan Satuan Tugas (DANSATGAS) TMMD Imbangan, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol CZI Arief Rochman Hakim. Forkompinda, Kepala OPD, Camat Se Kabupaten Bojonegoro, Forpimca Gondang dan seluruh Kades di Kecamatan setempat.

Sebelum upacara penutupan dimulai, terlebih dahulu dilakukan pemaparan laporan kegiatan pelaksanaan TMMD Imbangan Tahun 2023. Kemudian dilaksanakan pemeriksaan pasukan acara penutupan TMMD oleh Sekda Nurul Azizah serta penyerahan alat alat kerja TMMD secara simbolis sekaligus penandatanganan naskah hasil oleh Dandim 0813 Bojonegoro dan Pemkab Bojonegoro.

Setelah melaksanakan upacara penutupan, Sekda didampingi Dandim 0813 Bojonegoro dan Kapolres Bojonegoro, menyempatkan diri mengunjungi pasar murah, serta menyapa masyarakat Desa Gondang.

Dengan selesainya program TMMD ini, diharapkan pembangunan insfratuktur bisa dirawat dengan baik oleh masyarakat, supaya kedepanya nanti bisa dapat membantu aktivitas kegiatan dalam janga waktu yang panjang. (lim/rok)
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News