Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 27 Desember 2023, 15:45 WIB
Last Updated 2023-12-27T08:45:02Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

Warga Bojonegoro Digemparkan Kemunculan Semburan Air Lumpur


BOJONEGORO - Warga Dusun Sanggar, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, digemparkan dengan fenomena semburan air bercampur lumpur yang terjadi tepat di depan pekarangan rumah Samiran, warga setempat. 

Pantauan JTV di lokasi, warga silih berganti datang ke lokasi untuk melihat lebih dekat semburan lumpur berbau belerang menyengat ini. Semburan lumpur ini memiliki lebar hampir satu meter dan kedalaman diprediksi mencapai 60 meter.

Menurut sejumlah warga, kejadian ini terjadi pada hari Selasa (26/12/2023) pukul 5 pagi. Saat itu, tiba-tiba ada suara gemuruh dan kemudian air lumpur menyembur dari dalam tanah. 

“Kejadiannya itu kemarin mas, habis subuh. Sebelum keluar lumpur itu ada suara gemuruh,” terang Lasirah, warga setempat kepada JTV, Rabu (27/12/2023).

Lanjutnya, semburan air bercampur lumpur dengan bau menyengat seperti belerang tersebut sudah kedua kalinya muncul pada lokasi yang sama. Semburan pertama terjadi pada tahun 2021 saat Samirin sedang melakukan pengeboran sumur. 

Tidak mengetahui secara pasti penyebab semburan air tersebut. Namun, di sekitar lokasi keluarnya air tercium bau seperti belerang menyengat. 

“Ini sudah dua kali mas. Sebelumnya pada tahun 2021. Ini kan dulu mau dibuat sumur bor. Tapi justru keluar lumpur berbau belerang,” tegas Lasirah. 

Sementara itu, saat ini di sekitar area semburan telah di pasang garis polisi untuk mengamankan lokasi. Nampak pula petugas dari dinas lingkungan hidup (DLH) setempat yang telah meninjau lokasi untuk mengambil sampel air bercampur lumpur tersebut. Atas fenomena ini, warga sekitar diminta untuk tidak panik. (edo/rok)