Iklan Beranda

Redaksi JTV
Kamis, 25 Januari 2024, 10:00 WIB
Last Updated 2024-01-25T04:31:15Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Abidin Fikri: Jaga Persatuan Tanda Kita Bersyukur Menjadi Bangsa yang Beranekaragam

 

KABAR APIK - Dalam rangka menguatkan pemahaman mengenai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kepada masyarakat, Anggota MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Desa Jipo, Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Rabu, (24/01/2024). 


Dalam pemaparannya, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. menjelaskan mengenai sejarah kelahiran Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia merdeka, seperti apa yang disampaikan oleh Ir. Soekarno pada Sidang BPUPK tanggal 1 Juni 1945 atau sekitar satu bulan setengah sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. “Sehingga sebagai Negara, Indonesia sudah punya dasar untuk membentuk jalannya Pemerintahan yang kemudian diatur dalam UUD 1945,” Jelas Abidin Fikri yang juga Anggota DPR RI dari Dapil Bojonegoro dan Tuban itu.


Lebih lanjut Abidin Fikri menjelaskan bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia merupakan dasar yang mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia. “Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beranekaragam suku, budaya, agama dan ras yang dipersatukan oleh Dasar Negara Pancasila, sehingga kita dapat solid bersatu untuk mewujudkan tatanan masyarakat adil dan makmur,” terang Abidin Fikri di hadapan ratusan peserta sosialisasi. 


Abidin Fikri berpesan kepada masyarakat desa Jipo agar senantiasa dapat menjaga keberagaman yang menjadi kekayaan Bangsa Indonesia. “Sebagai bangsa yang memiliki ciri khas keanekaragaman suku, Bahasa, agama, ras, dan budaya seperti Indonesia, kita patut bersyukur kepada Allah SWT, yaitu dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, tetap rukun dan damai dalam hidup bermasyarakat,” jelas Abidin Fikri. (*)