Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 24 Februari 2024, 23:38 WIB
Last Updated 2024-02-24T16:38:40Z
NgawiViewerViral

Prediksi Kursi DPRD Ngawi, PDIP Bertahan 20 Kursi, Gerindra, PKB, Demokrat Potensi Bertambah


NGAWI - Meski tahapan rekapitulasi hasil pemungutan suara 14 Februari 2024 lalu masih belum selesai. Namun, perkiraan atau prediksi terhadap hasil sudah dapat dilihat mendasar penghitungan awal di tingkat KPPS dan PPS. Termasuk terhadap perolehan kursi di DPRD Kabupaten Ngawi.

Pengamat politik Ngawi, Agus Fathoni menyatakan, jika hasil pemilu sudah dapat dilihat hal ini mengacu dari penghitungan yang dilakukan oleh para saksi, serta melihat real count sementara KPU. Sehingga untuk perolehan kursi di DPRD juga sudah mulai terlihat.

“Ini berdasarkan real count yang dilakukan KPU saat ini sudah hampir diangka 90 persen lebih,” ungkapnya kepada JTV, Sabtu (24/02/2024).

Lanjutnya, untuk perolehan kursi di DPRD Ngawi masih didominasi oleh PDI Perjuangan dengan 20 kursi, atau sama saat pemilu 2019 lalu. Meski sebenarnya Ia menilai PDI P mampu menambah 2 kursi pada pemilu 2024 ini.

“Optimis penambahan 2 kursi ini juga bisa dilihat dari waktu proses pemenangan ganjar-mahfud sebagai capres cawapres,” tandasnya.

Ia juga menilai jika tidak mampunya PDI P Ngawi dalam menambah jumlah kursi karena ada sesuat hal yakni di internal calon legislatifnya atau adanya dugaan intimidasi untuk pelaksaan pilpres sehingga berdampak pada perolehan kursi DPRD.

“Karena potensi tambahan 2 kursi tidak dapat dilakukan oleh PDI P, maka penambahan kursi terjadi pada parpol lain seperti PKB, Gerindra, dan Demokrat. Sementara jika melihat partisipasi pemilih secara keseluruhan di Ngawi sudah cukup bagus,” pungkasnya. (ito/rok)

Prediksi perolehan kursi DPRD Ngawi pemilu 2024:
PDI Perjuangan        : 20 kursi
Gerindra                    : 6 kursi
PKB                          : 6 kursi
Golkar                       : 5 kursi
PKS                           : 3 kursi
PAN                           : 2 kursi
Demokrat                   : 2 kursi
Hanura                       : 1 kursi