Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Kamis, 07 Maret 2024, 16:14 WIB
Last Updated 2024-03-07T09:14:10Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Kembangkan Motif Batik, Pemkab Gelar Lomba Desain Motif Batik Bojonegoroan


KABAR APIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar lomba desain motif batik bojonegoroan tahun 2024. Dalam acara grand final lomba desain motif batik bojonegoroan di Hall Hotel Eastern Jalan Veteran Bojonegoro, Rabu (06/03/2024) siang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Sekda Nurul Azizah, staf ahli, kepala OPD, Camat se Kabupaten Bojonegoro, dewan juri, peserta lomba desain motif batik dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Budiyanto mengatakan, diadakannya lomba desain motif batik bojonegoroan ini merupakan suatu langkah Pemkab Bojonegoro dalam menggali ide kreatifitas potensi pariwisata dan sejarah budaya yang ada di Kabupaten Bojonegoro yang kemudian dapat diekspresikan dalam bentuk motif batik.

Budiyanto menambahkan bahwa lomba desain motif batik ini mengambil tiga tema yaitu pariwisata bojonegoro, seni budaya bojonegoro, dan sejarah bojonegoro. “Untuk pelaksanaan lomba sendiri dibagi menjadi dua kategori yakni kategori remaja dan kategori dewasa,” jelasnya kepada JTV

Lomba desain motif batik bojonegoroan ini diikuti sebanyak 130 peserta dengan rincian 95 peserta kategori remaja dan 35 peserta kategori dewasa. “Dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba desain batik ini, kami berharap menjadi sebuah tanda semakin banyak generasi muda bojonegoro yang mempunyai minat terhadap seni dan kerajinan batik bojonegoroan,” harapnya.

Sementara itu, salah satu pemenang lomba desain motif batik kategori remaja, Yoga Ardianto merasa senang dan bersyukur bisa turut andil dan bisa menjuarai lomba desain batik ini, Yoga juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bojonegoro yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Sebab dengan kegiatan tersebut para seniman atau para pemuda di Kabupaten Bojonegoro dapat mengembangkan bakatnya. “Kami berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan tiap tahunnya,” ujarnya.

Diketahui dalam lomba batik ini, Pemkab Bojonegoro melibatkan dewan juri nasional diantaranya, Sugeng Wardoyo, akademisi dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Wirasno, Ketua Asosiasi Batik Jawa Timur. Sri widodo, seniman dan senior pembatik Kabupaten Tuban. (*/lim)


Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News