Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Kamis, 07 Maret 2024, 16:19 WIB
Last Updated 2024-03-07T09:19:56Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Pj Bupati Sebut Lomba Desain Motif Batik Bojonegoroan Sebagai Upaya Pelestarian, Pengembangan dan Promosi


KABAR APIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar lomba desain motif batik bojonegoroan tahun 2024. Dalam acara grand final lomba desain motif batik bojonegoroan di hall Hotel Eastern Jalan Veteran Bojonegoro, Rabu (06/03/2024) siang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Sekda Nurul Azizah, staf ahli, kepala OPD, Camat se Kabupaten Bojonegoro, dewan juri, peserta lomba desain motif batik dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Pj Bupati Adriyanto menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya melestarikan dan mengembangkan budaya saja, namun terus berusaha menjadikan Bojonegoro sebagai Kabupaten kaya akan seni.

Pj Bupati Bojonegoro menambahkan, saat ini Bojonegoro mendapatkan 10 corak baru batik khas Bojonegoro yang telah didesain oleh warga sendiri, sehingga akan memperkaya corak batik di Bojonegoro. Batik khas Bojonegoro inilah yang akan menjadi kebanggan masyarakat dalam hal seni budaya.

“Kedepannya Pemkab Bojonegoro akan memberi kesempatan para perajin batik untuk terus meningkatkan kualitas dan motif yang baik untuk batik hasil karyanya,” tegasnya

Selain itu Pemkab Bojonegoro akan memberikan kesempatan kepada para perajin batik belajar dan study banding di tempat lain. Mengenai cara produksi dengan biaya yang lebih murah, bisa masuk pasar dan dapat bersaing dengan produk batik dari daerah lain.

Diketahui, diselenggarakan lomba desain motif batik bojonegoroan ini bertujuan untuk menggali kreativitas dan keunikan batik, selain itu juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap seni budaya di Bojonegoro. (*/lim)