Iklan Beranda

Redaksi JTV
Sabtu, 08 Juni 2024, 17:30 WIB
Last Updated 2024-06-08T10:30:57Z
Hukum | PeristiwaKomoditasTubanViewerViral

Bazar Kambing Jadi Alternatif Pilihan Warga di Tuban Cari Hewan Kurban

 
TUBAN - Berbagai cara dilakukan untuk menjual kambing kurban menjelang Hari Raya Idul Adha. Salah satunya seperti bazar kambing kurban yang digelar pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, di halaman Kantor MWC NU setempat, di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Sabtu (08/06/2024). 

Bazar kambing kurban ini tak hanya digelar secara offline, namun juga digelar secara online. Satu pesatu kambing mulai dipajang dan dikelompokan sesuai kelas dan harganya. Mulai dari tipe A dengan harga Rp3.600.000 per ekor, lalu tipe B Rp3.000.000 per ekor, hingga tipe C Rp3.000.000 per ekor.

“Ini program tahunan kami tiap menjelang hari kurban dengan menggelar bazar hewan kurban untuk menambah perokonomian organisasi. Kita mengambil produk kambing yang bagus dan kita menjadi rekan marketing secara online dan memasarkan kambing ini,” jelas Pengurus GP Ansor Kecamatan Montong, Abdul Qohar.

Sebagian besar kambing-kambing ini mereka ambil dari anggota Ansor yang memiliki peternakan kambing. Kemudian kambing tersebut dimasukan dalam bazar baik secara ofline maupun online.

“Cara ini dilakukan untuk mempermudah transaksi jual beli kambing kurban. Khusunya bagi para peternak yang kesulitan saat hendak menjual kambing kurban karena tak bisa langsung bertemu pembeli,” imbuh Qohar.

Selain menyediakan bazar secara online, bagi pembeli yang hendak melihat secara langsung, bisa datang langsung ke lokasi bazar untuk memilih hewan kurban yang diinginkan.

Banyaknya variasi dan pilihan binatang kurban membuat pembeli senang untuk memilih membeli binatang kurban di bazar ini. Hingga saat ini sudah 30 ekor kambing laku terjual baik secara online maupun offline.

“Ini lihat-lihat bazar kambing. Rencana mau beli dua. Disini ternyata pilihannya banyak,” tegas Khoirul Huda, salah satu calon pembeli.

Selain melayani jual beli, bazar kambing ini juga menyediakan jasa kirim dan merawat binatang kurban hingga hari penyembelihan. Sehingga pembeli tak perlu khawatir untuk merawat kambing di rumah. (dzi/rok)