Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, August 5, 2022, 17:19 WIB
Last Updated 2022-08-05T10:19:49Z
Edukasi | BudayaNgawiPojok PituPolitik | PemerintahanViewerViral

Gubernur Jatim Usulkan Wisata Air di Benteng Pendem hingga Museum Trinil


NGAWI - Dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Ngawi, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah menyempatkan untuk melihat progres rehabilitasi dan restorasi Kawasan Pusaka Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem), pada Kamis (04/08/2022).

Gubernur melihat potensi yang bagus dengan setelah dibangunnya Benteng Pendem tersebut. Potensi wisata sejarah akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan dan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Ngawi.

Terlebih pihaknya mengaku saat ini belanda juga tengah membangun wisata air di sejumlah daerah di Jawa Timur. Maka kedepan, Khofifah akan mengusulkan penambahan wisata air di sekitar benteng.

“Terlebih secara letak, di bagian belakang benteng pendem terdapat pertemuan dua aliran sungai besar yakni Bengawan Solo dan Bengawan Madiun,” Terang Khofifah.

Sehingga, jika dikembangkan maka memiliki potensi sangat besar untuk wisata air di Ngawi. Termasuk Ngawi juga terdapat museum Trinil yang menjadi lokasi pertama penemuan fosil manusia purba di dunia.

“Maka wisata air tersebut diharapkan mampu menghubungkan Benteng Pendem dan Museum Trinil,” Imbuh Gubernur Jatim.

Seperti diketahui, saat ini untuk progres pengerjaan rehabilitasi dan restorasi Benteng Pendem mulai memasuki tahapan finishing. Pembangunan kawasan pusaka ini lebih cepat dari target yang harus diselesaikan yakni pada Januari tahun 2023 mendatang. (ito/rok)