Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, August 27, 2022, 15:24 WIB
Last Updated 2022-08-27T08:41:03Z
JombangPojok PituPotensi DaerahViewerViral

Pakan Ayam Mahal, Harga Telur Tembus 30 Ribu Perkilogram


JOMBANG - Sejak beberapa bulan terakhir, harga telur terus mengalami kenaikan. Kenaikan harga telur bukan saja di pasar melainkan juga di tingkat peternak. Sehingga memacu semangat para peternak ayam petelur.

Salah satunya dialami Sutrisno Warga Desa Glagahan, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang. Kenaikan harga telur mencapai lima ribu rupiah perkilo di tingkat peternak, sebelumnya harga telur hanya 22 ribu rupiah perkilo.

Namun, saat ini kenaikan menjadi 27 ribu rupiah perkilo. Sehingga harga di sejumlah pasar berkisar 30 ribu rupiah perkilo.

“Penyebab kenaikannya dikarenakan tingginya harga pakan yang cukup mahal,” jelas Sutrisno saat ditemui JTV Sabtu (27/08/2022).

Kondisi ini membuat keuntungan yang didapat dari peternak tidak terlalu besar, meskipun saat ini terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan. Para peternak berharap pemerintah bisa menstabilkan harga telur.

“Peternak berharap kepada pemerintah agar bisa menstabilkan harga telur,” harapnya.
 
Dampak dari kenaikan harga telur sehingga membuat para konsumen harus mengurangi pembelian, yang biasanya membeli 30 kilogram kini beralih menjadi 20 kilogram telur yang dibelinya. (ful/rok)