Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 9, 2022, 16:45 WIB
Last Updated 2022-08-09T09:45:31Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPotensi DaerahViewerViral

Peringati HUT RI ke 77, SD Se Bojonegoro Ikuti Lomba Tradisional


BOJONEGORO - Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pendidikan Bojonegoro, pada Selasa (09/08/2022) menggelar lomba tradisional bagi pelajar sekolah dasar se Bojonegoro, di Alun-alun setempat. 


Koordinator panitia lomba, Eko Ari Wibowo mengatakan, lomba tradisional yang diselenggarakan ini adalah dagongan dan engrang. Lomba ini diikuti oleh sekitar 300 an pelajar dari 31 sekolah dasar yang mewakili 28 Kecamatan di Bojonegoro.


“Kegiatan ini merupakan lomba antar sekolah dasar se Kabupaten Bojonegoro yang bekerjasama dengan Pemkab Bojonegoro,” Jelasnya. 


Untuk lomba dagongan sistem beregu diikuti oleh pelajar putra putri dan dibatasi untuk berat badan maksimal 50 kilogram. Sedangkan untuk lomba egrang, sistem beregu diikuti peserta putra, dilaksanakan secara estafet. 


Dengan diadakanya lomba tradisional ini diharapkan para pelajar sekolah dasar dapat kembali mengenal, sekaligus melestarikan tradisional agar tidak hilang, tergerus perkembangan zaman. 


“Tujuan dilaksanakanya kegiatan lomba tradisional dagongan dan egrang ini adalah untuk menyemarakan kembali permainan tradisional sekaligus menyemarakan HUT RI ke 77,” Ungkapnya.


Suasana riuh penuh sorak baik dari peserta maupun para guru, untuk menyemangati teman serta anak didiknya yang sedang bertanding, membuat suasana sangat seru dan meriah. Terlihat, para pelajar yang mengikuti lomba dagongan sangat kompak, penuh semangat dan ekstra mengeluarkan tenaga, saling berjuang agar bisa menang. 


“Senang bisa ikut lomba ini, karena sudah dua tahun tidak ada akibat pandemi,” Jelas Mutiara Ulandari, salah satu peserta Egrang. (edo/rok)