Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 9, 2022, 16:43 WIB
Last Updated 2022-08-09T09:43:21Z
Edukasi | BudayaPotensi DaerahTubanViewerViral

Pengrajin Kostum Karnaval Unik Ketiban Berkah Agustusan


TUBAN - Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin kostum unik bermotif batik di Kabupaten Tuban. Kondisi ini dirasakan Arifin, warga Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.


Sejak dua pekan terakhir, rumah pengrajin kostum karnaval terlihat sibuk, karena harus bekerja ekstra menyelesaikan pesanan yang terus berdatangan.


“Alhamdulillah ini sejak dua minggu ramai banget mas, kerjaan numpuk,” Buka Arifin saat ditemui di rumahnya pada Selasa (09/08/2022).


Usaha kostum karnaval ini dirintis Arifin pada tahun 2012 lalu. Kini usahanya terus berkembang hingga memiliki puluhan kostum unik bermotif batik khas. 


“Pada awalnya hanya untuk festival, namun saat karnaval agustusan banyak yang minta, jadi kita sewakan,” Imbuhnya.


Memasuki bulan Agustus ini, sebanyak dua puluh set kostum telah disewa pelanggan untuk mengikuti karnaval. Namun, pesanan pembuatan kostum terpaksa dibatasi maksimal lima set, karena keterbatasan waktu dan tenaga. 


Untuk pembuatan satu set kostum karnaval ini arifin mematok harga minimal lima juta rupiah. Sementara persewaan kostum dihargai bervariasi, antara Rp500.000 sampai Rp1.500.000 per set, bergantung ukuran dan modelnya.


“Yang ditonjolkan kostum saya ini identik dengan batik-batik. Sejak agustusan ini sudah ada 20 kostum yang disewa,” Ungkap Arifin.


Selain karena berkualitas, kostum karnaval karya Arifin banyak diminati masyarakat karena memiliki bentuk unik, original, serta mengangkat budaya lokal. Salahsatunya menggunakan kain motif batik khas daerah setempat sebagai bahan.


Tak hanya warga lokal Tuban, kostum karya Arifin juga banyak diminati warga luar daerah. Diantaranya Lamongan, Gresik, Bojonegoro, hingga Rembang dan Pati-Jawa Tengah. Keunikan kostum akan dipamerkan dalam event-event tingkat Desa maupun antar sekolah.


“Saya dari Rembang mau pesan kostum disini karena kualitasnya memas bagus. Ini datang langsung karena ada tambahan konsep dari saya sendiri. Butuhnya dua baju untuk karnaval Desa,” Papar Ahmad Hasbulloh, pelanggan asal Rembang Jawa Tengah.


Selain melayani pembuatan dan sewa kostum karnaval unik, Arifin juga menerima permintaan menghias sepeda ontel maupun pembuatan replika benda untuk karnaval agustusan. (dzi/rok)