Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 2, 2022, 15:40 WIB
Last Updated 2022-08-02T08:40:56Z
BojonegoroEdukasi | BudayaViewerViral

Ratusan Sapi di Bojonegoro Terima Vaksinasi PMK Tahap Dua


BOJONEGORO - Ratusan sapi di Desa Karangdinoyo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro di suntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap 2. Dalam vaksinasi kali ini, sapi pedaging menjadi prioritas utama.

Menurut Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Mustofa, dalam vaksinasi PMK tahap dua ini, ada 100 sapi milik peternak dan warga Desa Karangdinoyo yang dijadwalkan menerima suntikan vaksinasi PMK.

“Vaksinasi ini diprioritaskan pada sapi pedaging dengan tujuan menekan persebaran penyakit mulut dan kuku,” Terangnya saat ditemui Selasa (02/08/2022).

Mustofa menambahkan, vaksinasi penyakit mulut dan kuku di Kecamatan Sumberejo ada sebanyak 600 dosis vaksin tahap 2 yang telah disiapkan untuk sapi milik warga dan peternak.

“Secara keseluruhan untuk vaksin PMK tahap 2 di Sumberejo ada 600 dosis,” Tambahnya.

Sementara itu, salah satu peternak sapi, Muhadi menyambut baik program vaksinasi PMK di desanya, sebab virus PMK ini dirasa sangat berbahaya dan dapat mempengaruhi harga jual sapi.

“Saya berharap setelah di laksanakannya vaksinasi ini tidak ada sapi miliknya yang terjangkit virus pmk,” Harapnya.

Diketahui, vaksinasi PMK pada sapi ini bertujuan untuk memberikan kekebalan pada hewan ternak agar terhindar dari wabah penyakit mulut dan kuku. (lim/rok)