Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, August 6, 2022, 14:23 WIB
Last Updated 2022-08-06T07:23:14Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Rumah dan Kandang di Tuban Terbakar, Dua Kambing Mati Terpanggang


TUBAN - Kebakaran hebat melanda rumah dan kandang sapi milik Samini, warga Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Jumat tengah malam (05/08/2022). Pemilik rumah dan warga setempat panik lantaran kobaran api dengan cepat membesar dan melalap seluruh bangunan.

Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kebakaran. Petugas damkar Tuban dibantu warga berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar bangunan yang sebagian besar bermaterial kayu ini.

Beruntung petugas dan warga berhasil menjinakkan si jago merah sekitar tiga jam kemudian. Sehingga api tidak merembet ke bangunan lain di sekitarnya.

“Kita mendapatkan laporan awal dari salah satu sekertaris desa bahwa telah terjadi kebakaran di Dusun Jarum RT 02 RW 18 Desa Perunggahan Kulon,” Jelas Petugas Damkar Kabupaten Tuban, Waris Eko Priyanto.

Menurutnya, kebakaran rumah dan kandang ini terjadi akibat pemilik rumah lalai saat membakar sampah di samping kandang. Api kemudian merembet ke tumpukan jerami atau pakan ternak, hingga akhirnya membakar bangunan kandang.

“Penyebabnya ini pemilik rumah membakar sampah di samping rumah, akhirnya merembet ke pakan ternak disebelahnya,” Imbuhnya.

Tak hanya melalap bangunan rumah dan kandang, kebakaran juga menyebabkan dua ekor kambing mati terpanggang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai 44 juta 500 ribu rupiah.

“Korban jiwa tidak ada, tapi ada dua kambing yang mati terbakar disitu,” Ungkap Waris Eko Priyanto.

Atas kejadian ini, petugas mengimbau kepada warga agar selalu berhati-hati saat membakar sampah. Apalagi di saat musim kemarau seperti ini, semuanya menjadi kering dan mudah terbakar. (dzi/rok)