Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, August 3, 2022, 16:18 WIB
Last Updated 2022-08-03T09:18:17Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Ular Piton Sepanjang 3 Meter Bersarang di Kandang Sapi


TUBAN - Ketenangan warga Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, pada Rabu (03/08/2022) terusik, setelah dihebohkan dengan keberadaan ular piton berukuran besar. Hewan melata itu bersarang dan bertelur dalam tumpukan jerami di bekas kandang sapi milik keluarga Abdur Rochim.

Pemilik kandang mengetahui keberadaan ular saat hendak membersihkan puing-puing kandang. Karena takut, pria ini kemudian melapor kepada Ketua RT, lalu diteruskan ke petugas damkar Kabupaten Tuban.

“Awalnya itu bapak saya bersih-bersih di bekas kandang sapi yang roboh. Kemudian nemu ular dan telurnya. Kemudian lapor pak RT,” Terang Khoirunnisa, anak Abdur Rochim.

Khoirunnisa menambahkan, beberapa bulan terakhir sejumlah ular diketahui berkeliaran masuk pemukiman warga setempat. Bahkan sebelum ini, seekor ular jenis kobra menyatroni rumahnya dan menyelinap di bawah kasur.

“Ini mengancam keselamatan kami dan anak-anak. Selain itu juga kerap memangsa ternak warga mas,” Tambahnya.

Penangkapan ular piton sepanjang 3 meter ini berlangsung menegangkan, karena ular berkulit batik ini berusaha kabur dengan masuk tumpukan jerami. Namun, berkat kesigapan petugas ular ini berhasil ditangkap hidup-hidup bersama puluhan telurnya.

“Ular beserta puluhan telurnya ini kami evakuasi ke Kantor Damkar Kabupaten Tuban,” Jelas Darkun, Petugas Damkar Kabupaten Tuban. (dzi/rok)