Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, August 3, 2022, 16:17 WIB
Last Updated 2022-08-04T08:33:27Z
Edukasi | BudayaJombangPojok PituViewerViral

Pesantren di Jombang Kembangkan Aplikasi Goqur’an


JOMBANG - Terobosan untuk mempermudah masyarakat belajar Al-qur'an dilakukan Pondok Balonggading, Desa Sepanyul, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Dengan aplikasi ini, masyarakat dan santri bisa belajar baca tulis alqur'an saat berada dimana saja dan dalam kondisi apa saja.

Menurut Ihsan Effendi, Pengurus Pondok Pesantren Balonggading, pembelajaran santri di luar pesantren dapat diikuti melalui aplikasi goquran. Setiap calon santri harus mendaftar lebih dahulu serta memilih paket pembelajaran serta waktu belajar.

“Calon santri tidak dibatasi usia dan lokasi tempat tinggal,” Terangnya saat ditemui Rabu (03/08/2022).

Pengembangan pembelajaran al-qur'an secara virtual ini menjadi jawaban kelompok usia dewasa dan pekerja yang ingin belajar agama. Sejumlah pengajar disiapkan selalu stanbay di studio mini yang disiapkan untuk melayani belajar virtual.

“Dalam studio juga terdapat sejumlah buku dan peralatan pembelajaran yang memudahkan ustadz dalam memberikan penjelasan,” Imbuhnya.

Sementara itu, Mehdi Riza salah satu santri mengaku tertarik untuk ikut karena ingin mendalami kemamapuan agamanya. Pembelajaran ini berlangsung secara live yang juga langsung bisa diikuti masyarakat yang telah mendaftar sebagai santri, dimana saja berada.

“Apalagi setiap hari saya selalu disibukan bekerja, pilihan belajar agama secara virtual ini menjadi pilihannya,” Katar Mehdi Riza.
 
Biaya pembelajaran baca tulis Al-Qur'an bagi para calon santri disesuaikan dengan materi dan paket yang dipilih. Mulai 150 hingga 700 ribu rupiah perbulan. Para santri diwajibkan hadir di Pesantren Balongading pada waktu saat menjelang kelulusan. (ful/rok)