Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 07 September 2022, 16:55 WIB
Last Updated 2022-09-07T09:56:51Z
BojonegoroEdukasi | BudayaKabar ApikPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Bupati Bojonegoro Hadiri Fun Farmer's Day


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Selasa (06/09/2022) menggelar kegiatan fun farmer's day di GOR Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Forkopimda, OPD terkait, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Forkopimcam Tambakrejo, penyuluh Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta kelompok tani dari 28 Kecamatan Se Bojonegoro.

Sebelum acara dimulai, secara simbolis Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah membuka kegiatan dengan pemotongan pita. Didampingi Forkopimda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bupati Anna Mu'awanah berkeliling sekaligus mengunjungi satu persatu stan, yang terdapat beberapa produk olahan makanan minuman, ataupun hasil pertanian, milik petani dari perwakilan Kecamatan Se Kabupaten Bojonegoro.

Tidak hanya sekedar mengunjungi stand pertanian tiap Kecamatan, Bupati sesekali mencicipi beberapa produk olahan, ataupun hasil pertanian milik para petani. Selain itu, Bupati Anna juga memberikan beberapa masukan kepada setiap stand para petani yang di kunjungi, maupun kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, agar produk hasil pertanian milik para petani, nantinya bisa di pasarkan di supermarket di Bojonegoro.

Selain dipasarkan di supermarket, nantinya produk olahan baik makanan maupun minuman hasil pertanian, seperti olahan buah dapat di pasarkan di lokal Kabupaten Bojonegoro maupun luar Kabupaten Bojonegoro. Selain mengapresiasi hasil produk olahan maupun hasil pertanian yang dihasilkan para petani, Bupati juga turut memberikan masukan serta saran kepada para petani, agar produk yang di hasilkan bisa maksimal, dan manajemen pemasaranya bisa meluas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Helmy Elisabeth dalam laporan kegiatan menyampaikan. Kegiatan fun farmer's day, merupakan ekspos komoditas pertanian yang dihasilkan oleh petani di Kabupaten Bojonegoro dari 28 kecamatan yang membawa hasil ciri khas pertanian, masing masing Kecamatan.

“Acara fun farmer's day, juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras petani di Kabupaten Bojonegoro, karena komitmen para petani melewati masa covid, dimana sektor pertanian satu satunya sektor yang mampu bertahan, ketika negara dilanda pandemi covid 19,” paparnya.

Fun famer's day, baru pertama kali digelar di Bojonegoro. Yang mana nantinya acara seperti ini akan dijadikan ikon untuk Pemkab Bojonegoro di sektor pertanian.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dalam sambutan sekaligus arahanya menyampaikan, beberapa hasil pertanian dari para petani se Bojonegoro hasilnya sangat bagus dan berkualitas seperti jagung, terong, melon, berambang dan hasil pertanian lainnya. Bupati mengajak agar para petani Bojonegoro, bisa menghasilkan bibit pertanian sendiri agar bisa lolos standarisasi, dan dapat dipasarkan.

“Saya mengapresiasi kegiatan fun furmer's day ini dan saya harap bisa dilaksanakan tiap tahun di beberapa tempat,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut pula Bupati Bojonegoro mengintruksikan kepada Asisten 2, agar segera berkomunikasi dengan OPD terkait untuk menjadikan hasil pertanian sebagai penguatan produk lokal di dalam minimarmet, maupun supermarket.

Sementara itu, adanya fun former's day bagi kelompok tani sangat bermanfaat sekali, karena dapat mengangkat produk maupun olahan dari budidaya pertanian. Sehingga dapat mendapatkan keuntungan lebih, dari program-program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

“Harapan kedepan dengan adanya kegiatan fun former's petani lebih maju, lebih sukses dan dinas terkait bisa menggandeng petani, sehingga petani menjadi maju lagi,” harap Jalal, Kelompok Tani Kecamatan Kalitidu.

Kegiatan fun farmer's day, dilaksanakan selama 2 hari, yakni terhitung mulai tanggal 6 dan 7 september 2022. (edo/rok)

Ikuti berita terkini dari JTV Bojonegoro di Google News