Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, September 19, 2022, 15:42 WIB
Last Updated 2022-09-19T09:17:43Z
Edukasi | BudayaLamonganPotensi DaerahViewerViral

Kirab Tumpeng Raksasa dan Bagi-Bagi Uang Meriahkan Sedekah Bumi di Lamongan


LAMONGAN - kirab 5 tumpeng raksasa setinggi 3 meter, mewarnai acara sedekah bumi di Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan Kota, Kabupaten Lamongan, pada Senin (19/09/2022) pagi. Acara yang digelar satu tahun sekali ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil bumi yang didapatkan.

Pantauan JTV di lokasi, sebanyak 5 tumpeng raksasa berisi beraneka ragam hasil bumi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran diarak keliling Desa setempat. Sementara warga menunggu dan menonton di tepi jalan. Begitu arak-arakan tumpeng ini lewat, mereka berfoto-foto dan memberikan saweran kepada peserta kirab.

Menurut Kepala Desa Karanglangit, Eurika Indra Dinata acara sedekah bumi seperti ini sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi covid-19. Sedekah bumi ini digelar sebagai wujud rasa syukur atas hasil yang didapatkan selama satu tahun ini.

“Diharapkan dengan acara sedekah bumi ini hasil panen para petani setempat lebih melimpah dan berkah,” terangnya.

Acara ini semakin meriah, lantaran pihak panitia juga menggelar acara udik-udikan atau bagi-bagi uang kepada peserta kirab dan warga. Mereka langsung berebut uang dengan berbagai nominal tersebut. Selain berebut uang, warga juga berebut gunungan raksasa yang sebelumnya di kirab ini.  

“Gunungan ini berisi sayur-sayuran dan buah-buahan hasil para petani desa sini. Selain itu juga ada udik-udikan atau bagi-bagi uang untuk peserta dan warga,” tutupnya. (fli.rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News