Iklan Beranda

Redaksi JTV
Jumat, 02 September 2022, 15:22 WIB
Last Updated 2022-09-02T10:18:23Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

KPU Bojonegoro Sosialisasi Pendaftaran Hingga Penetapan Parpol Pemilu 2024

KPU Bojonegoro Sosialisasi Pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta pemilu 2024
BOJONEGORO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, menggelar sosialisasi keputusan KPU nomor 309 tahun 2022, tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 260 tahun 2022 terkait pelaksanaan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota dpr dan dprd. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dewarna Hotel Bojonegoro, pada Kamis (01/09/2022).

Kegiatan yang menjadi tahap awal menuju pemilu 2024 ini. Dihadiri perwakilan dari 19 partai politik dari 24 partai politik yang ada di BOJONEGORO, baik partai politik yang telah memiliki perwakilan di parlemen, maupun partai politik yang baru memiliki kepengurusan di Bojonegoro. 

Selain itu, hadir pula sejumlah perwakilan anggota Forkopimda Kabupaten Bojonegorodan juga seluruh Komisioner Bawaslu Kabupaten setempat.

Adapun kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Bojonegoro, Fatkhur Rohman. Dan dilanjutkan penyampaian materi oleh divisi teknis penyelenggaraan, Fatma Lestari. 

Selain menjelaskan terkait rincian persyaratan berkas yang harus tercukupi dan waktu pendaftaran. Fatma juga penyampaian penjelasan teknis pendaftaran yang berbeda pada pemilu kali ini, dibanding dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

“Hal ini dikarenakan proses pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024, seluruhnya tersentral di KPU RI oleh partai politik tingkat pusat, sedangkan berkasnya diunggah melalui sistem informasi partai politik atau sipol,” jelas Fatma.

Adapun KPU Kabupaten/Kota hanya bertugas melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap dokumen persyaratan calon partai politik peserta pemilu. 

“Diantaranya, dokumen persyaratan calon peserta parpol pemilu, dugaan ganda keanggotaan dan yang berpotensi tidak memenuhi syarat,” imbuh Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bojonegoro ini.

Diketahui, proses tahapan pemilu 2024. Saat ini memasuki tahap verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik, yang dijadwalkan berlangsung hingga enam september mendatang. (lim/rok)