Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, October 24, 2022, 16:47 WIB
Last Updated 2022-10-24T09:47:06Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

Bengawan Solo Bojonegoro Siaga 1 , Banjir Ancam 35 Desa di 4 Kecamatan


BOJONEGORO – Tinggi muka air Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro terus mengalami peningkatan. Selain curah hujan lokal yang tinggi, kondisi tersebut juga diperparah dengan limpahan air dari wilayah hulu, baik di hulu Jawa Tengah maupun wilayah hulu Jawa Timur.

Pantauan JTV Bojonegoro di lokasi, Tiang ukur ketinggian air sungai bengawan solo di Utara Pasar Kota Bojonegoro, hingga Minggu (23/10/2022) siang telah menyentuh angka lebih dari 12 meter diatas permukaan laut.

Itu berarti sungai terpanjang di Pulau Jawa ini sudah masuk pada level siaga satu atau siaga hijau menuju kuning bencana banjir. Meski demikian, sejumlah perahu penyebrangan tradisional masih terlihat beroperasi ditengah derasnya arus sungai.

Data di BPBD Bojonegoro menyebut, sediktinya terdapat 35 Desa yang tersebar di 4 Kecamatan, diantaranya di Kecamatan Kota Bojonegoro, Balen, Kanor, dan Baureno terancam banjir, jika Sungai Bengawan Solo meluap.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto menghimbau agar warga, terutama yang tinggal di sekitar bantaran sungai bengawan solo untuk tetap waspada.

“Karena saat ini sedang ada fenomena hidrometeorologi basah, yang mana bisa memicu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, untuk itu warga kami minta waspada. Khususnya warga yang ada di bantaran Sungai Bengawan Solo,” terangnya. (lim/rok)