Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 18, 2022, 14:19 WIB
Last Updated 2022-10-18T08:11:13Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Dua Ular Besar Teror Warga di Tuban, Masuk Kamar Mandi dan Kandang


TUBAN - Warga di Kabupaten Tuban diteror dua ular piton berukuran 4 meter, pada Selasa (18/10/2022) dinihari. Kemunculan ular piton raksasa yang masuk ke dalam kamar mandi warga di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban tersebut, sempat menggegerkan warga setempat.

Pasalnya, ular pemangsa ini bersembunyi di bawah mesin cuci yang ada di dalam kamar mandi. Warga yang panik langsung meminta bantuan petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban, untuk mengevakuasi ular besar tersebut.

Mendapatkan laporan, petugas langsung mendatangi lokasi tersebut dan melakukan evakuasi. Tak lama kemudian, binatang melata ini berhasil ditangkap oleh petugas dan dibawa ke tempat penangkaran sementara.

“Ada laporan lagi dari ibu Lestari warga Kelurahan Kebonsari, bahwa di dalam kamar mandinya ada ular piton. kemudian kami dari tim turun ke lokasi dan disana ditemukan ular piton berada di bawah mesin cuci di dalam kamar mandi dengan panjang 4 meter,” terang Kasi Operasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Tuban, Gaguk Hariyanto kepada JTV.

Satu jam sebelumnya, petugas juga berhasil mengevakuasi ular dengan jenis yang sama, berada di dalam kandang ayam, milik salah satu warga di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban Kota. Ular piton sepanjang empat meter ini dipergoki oleh warga saat memangsa seekor ayam jago besar. Mendapati laporan warga, petugas kemudian melakukan penangkapan.

“Sebelumnya kami juga dapat laporan dari bapak Mohamad Sholikin, warga Kelurahan Kutorejo, bahwa ada ular piton di kandang ayam. Tim kemudian mengevakuasi ular piton yang sembunyi di dalam kandang ayam dengan panjang kurang lebih sekitar 4 meter,” imbuh Gaguk Hariyanto.

Kedua ular tersebut kemudian diamankan petugas kedalam kandang ular di belakang kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban. Fenomena teror ular piton di pemukiman warga ini terjadi akibat pengaruh datangnya musim penghujan. Sehingga binatang melata keluar dari sangkarnya untuk mencari makan.

“Terkait hal ini, kami himbau warga untuk waspada dan menjaga kebersihan serta melapor ke pihak Damkar jika terjadi hal serupa,” imbau Gaguk.

Kemunculan ular piton besar memang sangat meresahkan warga. Pasalnya ular tersebut dapat membahayakan warga sekitar, khususnya anak kecil. Selain itu ular pemangsa ini juga sering berkeliaran masuk pemukiman, ular juga kerap memangsa hewan ternak, seperti ayam. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News