Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, October 7, 2022, 13:01 WIB
Last Updated 2022-11-16T06:03:16Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Kominfo Gelar Gathering Media untuk Bojonegoro Terdepan dan Berkelanjutan


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam rangka penguatan 'Bojonegoro Terdepan dan Bojonegoro Berkelanjutan' menyelenggarakan Gathering Media Bojonegoro Produktif dan Energik. Acara digelar Rabu (05/10/2022) di Ria Resto Bojonegoro.

Kegiatan ini sebagai upaya memperkuat sinergitas Pemkab dengan mitra media online dan media sosial di Bojonegoro untuk tetap bersama membangun Bojonegoro melalui optimalisasi penyebarluasan informasi yang positif dan berimbang. Peran media berbasis digital ini sangat strategis dalam menyebarluaskan informasi ke masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Nanang Dwi Cahyono menandaskan bahwa media berperan dalam membentuk opini positif maupun karakter masyarakat. "Oleh karena itu media harus menyajikan pemberitaan yang positif dan edukatif kepada masyarakat yang didukung fakta dan data riil di lapangan,” tandasnya.

Nanang juga mengungkapkan bahwa Dinas Kominfo sangat terbuka untuk bersinergi dengan semua pihak, termasuk kalangan media. Dinas Kominfo tidak pernah membedakan antar media. Dinas Kominfo sangat mengapresiasi produk-produk pemberitaan yang selama ini telah mensupport Pemkab Bojonegoro.

"Bagaimanapun semuanya butuh proses. Kami tidak pernah membedakan senioritas maupun yunioritas dalam melakukan kerjasama dengan media. Namun kita berharap untuk sama-sama belajar menuju produk pemberitaan yang sesuai kaidah jurnalistik yang tentunya harus didukung fakta di lapangan," ucap Nanang.

Lebih lanjut dia mengatakan, sinergitas antara Pemkab Bojonegoro dengan insan pers memiliki posisi strategis dalam hal penyebarluasan dan keterbukaan informasi kepada publik. Dinas Kominfo akan terus membangun komunikasi dengan insan media guna bersinergi dalam membangun informasi yang luas ke masyarakat, terutama ihwal program-program pemerintah beserta semua capaiannya.

“Media punya peran sangat penting untuk menginformasikan berbagai progres dan capaian yang telah dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro. Pemkab membuka akses informasi yang luas ke media dalam hal pemberitaan," imbuhnya.

Sinergitas Pemkab Bojonegoro dengan insan media akan terus diperkuat dalam upaya menggali, mengangkat potensi dan kemajuan pembangunan Bojonegoro dalam memantapkan Bojonegoro terdepan, Bojonegoro berkelanjutan,” kata Nanang.

Sementara itu Kabid PIKP Dinas Kominfo, Panji Ariyo Kusumo menambahkan bahwa kegiatan gathering media ini sebagai sarana silaturahmi untuk saling berbagi informasi dan saling koreksi demi meningkatkan kualitas pemberitaan. Pemberitaan positif yang mengedukasi publik. Pemberitaan yang dapat memberikan pemahaman dan membangun opini positif bagi publik yang tentunya didukung data valid di lapangan.

Pemkab menyediakan akses data maupun informasi melalui aplikasi Satu Data Bojonegoro (https://data.bojonegorokab.go.id).  

"Dengan support pegiat media online dan media sosial dalam meningkatkan penyebarluasan informasi yang berimbang dan akurat, kami sangat yakin dibawah leadership Ibu Bupati Bojonegoro Hj. Anna Mu'awanah maka Bojonegoro terdepan, Bojonegoro berkelanjutan akan semakin mantap," pungkasnya.(Red)