Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 11, 2022, 14:38 WIB
Last Updated 2022-10-12T08:55:40Z
Edukasi | BudayaJombangPojok PituPotensi DaerahViewerViral

Pagelaran Tari Remo Boletan di Jombang Pecahkan Rekor Muri


JOMBANG - Dalam rangka menyambut hari Jadi Kabupaten Jombang ke 112, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menggelar pagelaran tari remo boletan massal. Tari massal ini tercatat di dalam museum rekor indonesia (Muri), setelah berhasil menggerakan sebanyak 41.112 penari.

Selain berpusat di alun-alun Jombang, aksi tari remo ini juga digelar diserentak di sejumlah titik di seluruh Kecamatan di Kabupaten Jombang, pada Selasa (11/10/2022).Pantauan JTV di alun-alun Jombang, ribuan penari dari anak anak sekolah tingkat SD, SMP Dan SMA hingga satuan kerja di lingkungan Pemkab Jombang, turut andil memeriahkan tari massal ini.

Suara gerincing hentakan kaki menjadi ciri tari remo, mereka bergerak bersama menarikan tari remo bolentan milik Kabupaten Jombang. Sementara sejumlah tim dari museum rekor indonesia  (Muri) tampak mencatat keikutsertaan dari seluruh peserta mengikuti irama pergerakan tari remo boletan.

Sriwidayati, perwakilan dari tim Muri mengatakan, sebanyak 41.112 penari yang terlibat dalam pagelaran budaya tari lokal ini sudah dicatatkan dalam rekor Muri nomer 10.603.

“Rekor ini menggantikan rekor tari remo sebelumnya yang melibatkan 2655 penari,” ungkapnya kepada JTV di lokasi acara.

Catatan rekor muri ini diberikan kepada Bupati Jombang Munjidah sebagai pemrakarsa dan penyelenggara tari. Rekor ini diharapkan bisa memasyarakatkan tari sebagai warisan budaya yang terus dilestarikan masyarakat di Kota Santri. (ful/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News