Iklan

Redaksi JTV
Monday, October 3, 2022, 16:17 WIB
Last Updated 2022-10-03T11:04:39Z
Potensi DaerahTubanViewerViralWisata | Kuliner

Ribuan Warga di Tuban Ramaikan Festival Bakar Ikan Massal

 
Festival Bakar Ikan Massal yang digelar di Lapangan Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (01/10/2022).
TUBAN - Ribuan masyarakat pesisir utara antusias mengikuti festival bakar ikan laut yang digelar di Lapangan Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sabtu (01/10/2022) malam. Mereka beramai-ramai membakar lebih dari tujuh ribu ikan hasil tangkapan nelayan Pantura setempat. 

Terdapat sebanyak 729 orang perwakilan dari 17 Desa di Kecamatan Jenu yang bertugas membakar ikan hasil tangkapan nelayan Pantura. Sementara total ikan segar yang dibakar berjumlah 7.290. Angka ini sesuai dengan hari jadi Kabupaten Tuban ke 729.

Pantauan JTV di lokasi, antusiasme masyarakat mengikuti festival bakar ikan ini sangat terasa. Selain membawa ikan sendiri, mereka juga rela menyiapkan tungku pembakaran sederhana. 

Bahkan beberapa desa membawa alat pembakaran hasil inovasi sendiri, agar hasil pembakaran maksimal. Ikan yang dibakar diantaranya ikan tongkol, kuningan, pindang hingga ikan togek. 

Menurut Camat Jenu, Tuban, Yoeliani Endang Poerwati, festival bakar ikan tahun 2022 ini, merupakan rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke 729. Selain ajang pesta, kegiatan ini juga sebagai promosi Kecamatan Jenu yang memiliki potensi di bidang kelautan, khususnya olahan ikan laut.

“Ini sebagai promosi bahwa Jenu ini sebagai salah satu wilayah yang memiliki potensi di bidang kelautan yaitu olahan ikan bakar. Pembakar ada 729, sesuai dengan Hari Jadi Tuban,” ungkap Camat Jenu kepada JTV. 

Acara ini semakin meriah, karena masyarakat yang hadir dipersilahkan menyantap ikan hasil pembakaran sepuasnya tanpa dipungut biaya alias gratis. Hanya dalam dua jam berbagai jenis ikan laut bakar ludes diserbu pengunjung.

“Ini ikut festival bakar ikan, bisa mencicipi ikan gratis. Ikannya ribuan mas. Saya tadi mencicipi tiga ikan tongkol, rasanya enak sekali,” jelas pengujung asal Montong, Tuban, Khoirul Huda.

Melihat antusiasme masyarakat, kegiatan festival bakar ikan ini direncanakan menjadi agenda tahunan. (dzi/rok)