Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, November 9, 2022, 15:56 WIB
Last Updated 2022-11-09T08:56:27Z
Hukum | PeristiwaJombangPojok PituViewerViral

Kiriman Banjir Rendam Ratusan Rumah di Jombang


JOMBANG - Ratusan rumah warga di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, terendam banjir pada Rabu (09/11/2022) dini hari. Tak hanya di jalan, banjir juga masuk ke dalam rumah-rumah warga.

Pantauan JTV di lokasi, sebagian warga mulai bersiap dan memilih meninggalkan rumahnya untuk mencari lokasi aman. Hingga Rabu pagi ini banjir masih merendam pemukiman warga.

Ketinggian banjir bervariasi mulai dari setengah hingga satu meter. Banjir terjadi akibat hujan deras yang terus turun di wilayah Lereng Gunung Anjasmoro Kabupaten Jombang. Sungai-sungai yang ada di bawahya tak mampu menampung luberan air hujan sehingga meluap dan merendam pemukiman warga sebanyak 169 rumah.

Petugas BPBD Tuban, Abdi Purwoko mengatakan, banjir ini akibat air kiriman dari kandangan Kediri dan Wonosalam. Bertemunya dua aliran Sungai Catakbanteng dan Panjir, membuat air meluber dan membanjiri kawasan Kademangan.

Berdasarkan data dari BPBD Jombang, terdapat dua kecamatan yang terdampak. Yakni Kecamatan Mojoagung sebanyak lima desa, serta Kecamatan Mojowarno satu desa.

“Sebagian warga terutama anak anak terpaksa diungsikan ke kantor balai desa. Banjir di kawasan ini biasanya tidak berlangsung lama, saat air sungai surut banjir biasanya juga ikut surut,” terang Abdi Purwoko. (ful/rok)