Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, November 8, 2022, 16:28 WIB
Last Updated 2022-11-08T09:28:16Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPotensi DaerahViewerViral

Pemuda di Bojonegoro Raup Cuan Jutaan Perbulan dari Usaha Box Sound System


BOJONEGORO - Seorang pemuda di Desa Pagerwesi, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, sukses menemukini usaha pembuatan box sound sistem. Pemuda tersebut adalah Choirul Afif Afandi, 21 tahun.

Saat ditemui JTV di rumahnya pada Selasa, (08/11/2022) Afif dibantu ayahnya disibukkan dengan pembuatan box sound system pesanan dari para pelanggannya. Afif menceritakan, memulai usaha ini sejak duduk di bangku SMK atau sudah berjalan lebih dari 4 tahun. Usahanya ini dirintis dari hobinya mengoleksi sound. Lantas kemudian ia mencoba membuat box sound system sendiri.

“Ya awalnya memang hobi mas. Sejak SMK sudah mulai ngrakit sendiri, buat-buat box sound sistem,” jelas Afif.

Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, yakni triplek, kemudian dengan beberapa peralatan lainyya untuk membuat box. Namun, untuk proses pembuatanya cenderung sulit. Triplek yang sudah dibeli, di ukur kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Setelah itu, triplek lantas di potong sesuai bentuk yang di inginkan, dan tak lupa di lobangi sebagai tempat soudnya. Setelah dipotong sesuai bentuk, selanjutnya di rangkai satu persatu setiap bagian potongan, dan dirangkaian menggunakan baut serta lem agar rapat di setiap sisinya. Jika sudah disatukan menjadi bentuk sound box yang di inginkan, kemudian dan amplas hingga halus, agar body box sound system bagus.

“Pembuatan box sound sytem sendiri bisa memakan waktu 2 sampai 5 hari, tergantung model box yang dibuat,” terang pemuda 21 tahun ini.

Afif menjelaskan, dirinya dibantu sang ayah membuat pesanan box sound system berbagai jenis denga berbagai ukuran. Mulai dari jenis lakvi, cla, planar, atv, dynacor dan berbagai jenis lainnya. Namun untuk box soud system ukuran standart, ia dibantu ayahnya bisa menyelesaikan sebanyak 3 buah tiap harinya. Sementara untuk ukuran besar, ia menerima pemesanan pembuatan 1 minggu 2 kali.

Harga yang ditawarkan setiap box sound sytem berfariasi, mulai dari harga kisaran 250 ribu untuk ukuran sound standart 12 in, dan 1 juta 300 untuk ukuran box sound system besar.

“Pesanan untuk pembuatan box sound system cukup banyak, mulai dari kawasan Bojonegoro, pemesan dari luar Bojonegoro juga ada, yakni dari wilayah Tuban, Lamongan, dan Blora,” imbuh Afif.

Dari usaha pembuatan box sound system tersebut, Afif mampu meraup omset penghasilan hingga jutaan rupiah per bulannya. (edo/rok)