Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, November 14, 2022, 16:00 WIB
Last Updated 2022-11-14T09:00:07Z
Edukasi | BudayaPotensi DaerahTubanViewerViral

Ratusan Kambing Etawa Ikuti Kontes Kecantikan di Tuban


TUBAN - Ratusan ekor kambing peranakan etawa mengikuti kontes kecantikan dan keindahan tubuh di Lapangan Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, pada Minggu (13/11/2022) siang. Tak hanya dari Tuban saja, para peserta juga datang dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, sebagian lainnya juga datang dari luar negeri, yakni Malaysia.

Pada kontes kambing etawa yang diadakan oleh Indonesia Goat Breeders Kabupaten Tuban ini, terdapat lima kelas kambing etawa yang dilombakan. Mulai dari kelas a berumur 2 hingga 3 bulan, hingga kelas sampai e yang sudah dewasa. Masing-masing kelas terdiri pejantan dan betina.

Menurut Ketua Indonesia Goat Breeders Kabupaten Tuban, Afif Nur Anggono, kontes kambing etawa ini diadakan sebagai ajang silaturahmi antar peternak. Selain itu, kontes ini juga diadakan untuk menaikan kualitas dan harga jual dari kambing etawa, khususnya yang ada di Kabupaten Tuban.

“Tujuan lomba kambing etawa ini untuk menaikan kualitas dan harga, khususnya di tuban. Awalnya kita buka hanya untuk lokalan. Tapi di tengah jalan ternyata peminatnya dari luar kota sangat banyak, bahkan sampai dari Malaysia juga ikut,” terang Afif kepada JTV di lokasi acara.

Sedikitnya ada sekitar 100 kambing jenis etawa yang didaftarkan pada kontes kambing etawa kali ini. Namun, di kelas tertentu, jumlah peserta terus bertambah. Kontes kambing etawa ini, menarik antusiasme ribuan warga setempat untuk menonton.

“Ini sudah 100 peserta yang mendaftar, dan terus bertambah dikelas lainya. Sementara kita lombakan kelas E yaitu usia 2 bulan hingga 3 bulan,” imbuh Ketua Indonesia Goat Breeders Kabupaten Tuban.

Sementara itu, penilaian pada kontes kambing etawa kali ini dapat dilihat dari keserasian kaki, bentuk kepala, bulu, maupun segi perawatan.

Lomba ini disambut antusias oleh para peserta. Bahkan, para peserta lomba tak hanya datang membawa satu ekor kambing. Namun, sebagian juga membawa 3 ekor kambing sekaligus, yang diikutkan lomba di kelas berbeda.

“Saya peserta dari Lumajang. Kesini bawa 3 kambing untuk ikut kelas E jantan, kelas B jantan, dan kelas B betina,” jelas Agus, peserta asal Lumajang. (dzi/rok)